Nunukan Terang Benerang

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Pelanggan PLN Nunukan dan Sekitarnya

Berkaitan dengan intensnya pemadaman listrik di wilayah Nunukan dan sekitarnya telah menimbulkan aneka kerugian bagi pelanggan listrik. Keluhan pelanggan yang dapat dikemukakan selain intensitas pemadaman, ketidakpastian waktu pemadaman juga menyulitkan pelanggan untuk mengantisipasi pemadaman yang dilakukan. Antisipasi tersebut perlu dilakukan karena pemadaman listrik secara mendadak mengganggu kegiatan usaha pelanggan, termasuk dapat merusak peralatan listrik yang digunakan.

Bahwa pemadaman listrik yang dilakukan PLN yang begitu sering telah merugikan kepentingan konsumen listrik. Sebagai mana diatur dalam Pasal 29 UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, bahwa hak-hak konsumen listrik antara lain mendapatkan pelayanan yang baik, mendapat tenaga listrik secara terus menerus dengan mutu dan keandalan yang baik dan mendapat pelayanan untuk perbaikan apabila ada gangguan listrik.
Hak-hak konsumen tesebut yang tidak dipenuhi oleh PLN terhadap konsumen listrik di wilayah Kabupaten Nunukan ketika secara sewenang-wenang melakukan pemadaman listrik.

Kesewenang-wenangan PLN adalah:

1. intensitas pemadaman yang meningkat dalam kurun waktu satu bulan. 
2. pemadaman yang dilakukan tidak sesuai dengan jadwal pemberitahuan kepada konsumen. 
3. Ketidakmampuan PLN untuk menghindari pemadaman yang meningkat.


Dalam hal demikian PLN telah melanggar hak-hak konsumen yang dilindungi dalam UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

Pelanggaran hak-hak konsumen yang diatur dalam UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan sesuai dengan pelanggaran hak-hak konsumen yang terdapat dalam UU No. 8 Tahun 2009 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam Pasal 4 huruf UU Perlindungan Konsumen menyatakan bahwa konsumen mempunyai hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang/jasa. Pemadaman listrik yang dilakukan telah melanggar hak konsumen untuk mendapatkan kenyamanan, keamananan dan keselamatan ketika mengkonsumsi listrik yang disalurkan oleh PLN.

Untuk itu kami sebagai pelanggan PLN di Kabupaten Nunukan meminta untuk memperbaiki kinerja layanan PLN berdasarkan Standar Pelayanan Minimal yang dimikili PLN. Termasuk melakukan upaya pembenahan agar tidak terjadi peningkatan intensitas pemadaman listrik dan melakukan pemberitahuan apabila hendak melakukan pemadaman melalui media yang bisa diakses oleh pelanggan.

Apabila pasca protes kami, PLN tidak melakukan perbaikan maka kami akan mengajukan upaya hukum yang dimungkinkan dalam memperjuangkan hak-hak kami sebagai konsumen.