Jangan Beli Emas, Alat Manusia Terkutuk!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kita tahu, bencana kemanusiaan yang menimpa Papua, karena Papua kaya emas yang dikeruk oleh penguasa modal, Freeport. Ratusan ribu penduduk Papua kehilangan nyawa sebagai tumbalnya untuk membuka dan memuluskan tambang emas itu. Dua gunung besar di Papua lenyap, berubah menjadi lubang tambang. Anda masih mau beli emas? Ingat pula kasus Buyat di Sulawesi Utara yang memilukan masyarakat di sekitar wilayah tambang Newmont itu. Anda masih mau beli emas? Di Banyuwangi Jawa Timur kini beroperasi tambang emas Merdeka Copper Gold melalui anak-anak perusahaannya bernama PT. BSI dan PT. DSI, membuat situasi yang buruk, di mana demi tambang emas itu ribuan hektar hutan lindung diubah menjadi hutan produksi demi tambang emas. Ada warga masyarakat, yakni Budi Heriyawan alias Budi Pego dan kawan-kawan yang dikriminisasi karena para petani itu menolak tambang emas. Mengapa mereka menolak tambang emas itu. Menurut mereka, tambang emas itu mengganggu dan membuat keadaan masyarakat sekitarnya bertambah buruk.

Saya bertanya, apakah emas itu kebutuhan hidup manusia? Bagaimana jika dalam hidup ini tanpa ada emas? Siapa yang diuntungkan dalam produksi dan perdagangan emas? Apakah Anda sudah memahami bagaimana emas diambil dengan pertambangan yang merusak lingkungan dan merusak kehidupan sosial, ekonomi dan kebudayaan masyarakat? Apakah Anda sudah tahu bahwa pertambangan emas juga membuat masyarakat terpecah-belah karena ada gerakan neo-VOC yang melakukan taktik devide et impera? Apakah Anda sudah atau bisa memahami bahwa negara dan masyarakat tidak mendapatkan hal yang berarti dan baik dalam pertambangan emas yang bersifat merusak itu?

Sumber daya alam itu menjadi kutukan, menimbulkan kerusakan kebudayaan manusia dan lingkungan hidupnya. 

Jadi, sudah saatnya kita berhenti dari mengagumi emas. Mari untuk tidak lagi membeli emas, agar emas tidak menjadi kutukan penyebab perusak kehidupan masyarakat karena ambisi kekayaan segelintir penguasa uang. Dengan menambang emas maka mereka bertambah kaya, tetapi masyarakat sekitar tambang menjadi rusak bersama dengan lingkungannya yang rusak. 

Jadi, ayo kita TIDAK MEMBELI EMAS. Bagi perempuan yang menyukai perhiasan, bukankah masih ada alternatif lain bahan perhiasan yang bukan emas? 

Ayo kita bersama-sama menghentikan laju perusakan lingkungan hidup dan perusakan kehidupan masyarakat dengan cara TIDAK MEMBELI EMAS!



Hari ini: Subagyo mengandalkanmu

Subagyo Surabaya membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Masyarakat: Jangan Beli Emas, Alat Manusia Terkutuk!". Bergabunglah dengan Subagyo dan 94 pendukung lainnya hari ini.