Petition Closed
Petitioning Manajemen UD. Mitra Makassar

Hentikan intimidasi terhadap buruh yang berserikat


Akibat SP 3 dan Surat peernyataan yang di bagikan kepada pekerja dan harus di tanda tangani untuk kembali masuk bekerja pasca mogok kerja, akan melegalkan proses pemberangusan serikat ( Union Busting ) oleh Manajemen UD. Mitra Makassar terhadap pekerjanya yang berserikat.

Letter to
Manajemen UD. Mitra Makassar
Salam hormat.
Kami selaku pemerhati dan individu serta organisasi yang peduli akan kesejahteraan buruh/pekerja tanpa adanya pelanggaran aturan ketenagakerjaan, berdasarkan hasil amatan dan analisa kami terhadap surat peringatan yang anda keluarkan dan surat pernyataan yang anda bagikan ke buruh/pekerja untuk di tandatangani. Maka kami menyimpulkan sebagai berikut :
1. Surat pernyataan tersebut, telah melanggar dan bertentangan dengan berita acara yang di tandatangani bersama oleh pihak manajemen UD. Mitra Makassar dengan Pihak SPBI UD. MITRA MAKASSAR pada tanggal 8 Mei 2013

2. Bahwa, surat pernyataan yang di keluarkan tersebut adalah bagian dari intimidasi terhadap pekerja. Karena hal tersebut tiba-tiba saja di keluarkan saat pemogokan selesai dan sebelumnya tidak pernah di bahas hal tersebut.

3. Bahwa beberapa point dari pernyataan tersebut, seolah melibatkan pemerintah untuk menghalangi di buatnya Perjanjian Kerja Bersama.

oleh karena itu kami menegaskan bahwa :
1. Segera cabut atau tarik kembali surat peringatan yang manajemen keluarkan karena dasarnya hanya mengada-ada.

2. Hentikan proses intimidasi dengan cara menginstruksikan buruh/pekerja untuk menandatangani pernyataan yang di buat oleh manajemen UD. Mitra Makassar yang terindikasi ada pemaksaan di dalamnya dan terindikasi mengarah pada praktek penghalangan proses kinerja organisasi serikat buruh/serikat pekerja ( Union Busting ).

3. Apabila hal tersebut di atas tidak di indahkan, maka kami akan terus melakukan konsolidasi secara besar-besaran untuk melakukan protes terhadap tindakan perusahaan sesuai dengan mekanisme yang berlaku di Negara Republik Indonesia termasuk aksi massa/ Aksi solidaritas di berbagai tempat dan wilayah baik Group UD. Mitra Makassar maupun principal produk dengan melibatkan semua unsur yang peduli akan kondisi perburuhan di indonesia.

Demikian surat ini kami buat untuk di pertimbangkan.