Solusi Komplain Yang Merugikan Konsumen Tokopedia Bersifat Memaksa

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kepada Manajemen Tokopedia yang terhormat,

Komplain saya, selaku pembeli, dengan nomor invoice : INV/20180215/XIX/II/272753845 sejak tanggal 17 Februari 2019 19:43 WIB pada Pusat Resolusi Tokopedia mengenai barang yang saya terima tidak sesuai dengan deskripsi spesifikasi produk, hingga saat ini, belum terselesaikan dengan baik.

Bahwa telah terjadi wanprestasi (cidera janji) dimana penjual menyebutkan deskripsi:

  1. tersedia warna biru
  2. bonus hardcase
  3. barang dicek dulu sebelum dikirim

namun ketiganya tidak terpenuhi yang disebabkan tidak dilakukannya janji no.3 yang dapat dibuktikan dengan pengakuan penjual bahwa bonus hardcase belum disertakan.

Sebelumnya saya pernah mengajukan solusi 'Tukar Produk Sesuai Pesanan' agar diganti warna produk sesuai keterangan penjual yang  menyatakan "Tersedia warna Biru" dan tidak ada keterangan kemungkinan warna lain namun ditolak dengan alasan pembeli telah membuka segel padahal sama sekali tidak ada ketentuan itu dan kalaupun dianggap sebagai kesalahan pembeli maka penyebab atau akar masalahnya disebabkan janji/jaminan barang akan dicek sebelum dikirim.

Oleh karena itu, saya mengajukan solusi baru menjadi pengembalian dana sebagian (10%) saja yang merupakan hak saya mengingat barang yang saya terima tidak sesuai dengan deskripsi produk, seperti yang tertera pada UU Perlindungan Konsumen  Pasal 4 (h) dan hanya sebagai pelajaran saja agar pembeli tidak asal berjanji tanpa ditepati sehingga tidak memuaskan pembeli.

Namun, oleh Admin Tokopedia, saya terus menerus dipaksa menerima barang yang salah dan dana pembelian akan diteruskan kepada penjual.

Bukankah saya sebagai korban wanprestasi penjual tetap berhak menuntut kompensasi dan memilih pengembalian dana sebagian? Saya telah bertindak kooperatif dalam hal ini mengingat sebenarnya dengan solusi tersebut saya tetap dikecewakan dengan diharuskan menerima barang yang salah.

Dalam kasus ini, apabila Admin Tokopedia menolak ganti rugi akibat kerugian yang saya alami ketika berbelanja di Tokopedia dengan tidak berdasarkan ketentuan yang disepakati dalam jual beli, bukankah hal ini merupakan pelanggaran hukum UU Perlindungan Konsumen?

Bukankah penjual yang telah mengirimkan barang tidak sesuai ini telah melakukan pelanggaran terhadap UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 8  ayat 1 (f) dan apabila dana tetap saja diteruskan 100% kepada penjual oleh Tokopedia, bukankah termasuk pelanggaran hukum, khususnya KUHP Pasal 378?

Apakah pihak Tokopedia lebih berpihak pada penjual yang telah melakukan pelanggaran hukum dibandingkan dengan konsumen yang telah dirugikan?

Saya berharap hak-hak saya sebagai konsumen Tokopedia tidak dirampas dan berikan saya ganti rugi yang menjadi hak saya. Terima kasih.