Mahkamah Konstitusi, Selamatkan DPD RI - Selamatkan Konstitusi

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kisruh pada lembaga Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia adalah suatu tontonan yang memalukan bagi warga negara Republik Indonesia. Sungguh suatu hal yang mengecewakan melihat sebagian dari anggota DPD RI memperlihatkan syahwat kekuasaan dan memperjuangkan kepentingan tidak pada tempatnya.

Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dibentuk sebagai alat kelengkapan negara berdasarkan amandemen tahap ketiga UUD 45 pada bab VII A tentang Dewan Perwakilan Daerah dimana amandemen tersebut disusun dengan semangat reformasi yang antara lain telah mengoreksi supremasi lembaga MPR menjadi supremasi konstitusi. Maka setiap anggota DPD RI harus taat kepada konstitusi yang berlaku di NKRI.

Dengan supremasi konstitusi, yaitu di mana konstitusi mempunyai kedudukan tertinggi dalam tertib hukum di Indonesia konstitusi telah dibuat dan dibentuk atas nama rakyat, berasal dari rakyat, kekuatan berlakunya dijamin oleh rakyat. Superioritas konstitusi mempunyai daya ikat bukan saja bagi rakyat/warga negara tetapi termasuk juga bagi para penguasa dan badan-badan pembuat konstitusi. Dalam negara hukum jika Mahkamah Agung telah melakukan judicial review dan telah mengeluarkan keputusan yang berkekuatan hukum tetap maka keputusan tersebut harus ditaati. Setiap anggota DPD RI adalah para pemimpin masyarakat yang seharusnya menjadi teladan dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Pancasila dan UUD 45.

Jika ternyata anggota DPD tidak menghormati hukum dan konstitusi, dan jika ternyata Mahkamah Agung pun melantik Pimpinan DPD yang tidak sejalan dengan keputusan MA sendiri, maka kami menggantungkan harapan kepada Mahkamah Konstitusi untuk mengambil langkah yang tepat demi tegaknya NKRI sebagai Negara Hukum.



Hari ini: fidelis mengandalkanmu

fidelis indriarto membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Mahkamah Konstitusi: Mahkamah Konstitusi, Selamatkan DPD - Selamatkan Konstitusi". Bergabunglah dengan fidelis dan 5 pendukung lainnya hari ini.