Transparansi Anggaran Universitas Gunadarma

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Yuk sepakat untuk keterbukaan anggaran!

Eh Guys Ternyata Keterbukaan anggaran kampus itu baik loh buat kamu dan juga kita ikut berpartisipasi dalam menjalankan Undang-Undang (UU).

UU yang menjadi acuan sistem pendidikan dari pendidikan dasar hingga Universitas adalah UU No. 20 tahun tentang sistem pendidikan nasional.

Sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 universitas merupakan sebuah badan publik penyelenggara negara dalam bidang pendidikan yang mengurusi jenjang pendidikan tinggi. Demikian juga dengan anggaran untuk semua perguruan tinggi/ universitas (negeri maupun swata) dalam pelaksanaannya juga ditopang oleh APBN dan pembayaran biaya pendidikan oleh mahasiswa.

Tentunya jika merujuk pada pengertian badan publik dalam UU KIP, universitas merupakan salah satu badan publik yang wajib membuka informasi bagi masyarakat. Dengan kata lain dengan adanya UU KIP ini berlaku per 30 April 2010, maka Universitas wajib menyediakan informasi baik yang bersifat serta merta, berkala, maupun tersedia setiap saat.

UU KIP sendiri tentang Badan Publik, Pasal 1 ayat (3) “Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau organisasi nonpemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri”.

Yuk Guys Buat Gundar lebih baik!



Hari ini: Deny mengandalkanmu

Deny Maulana membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Mahasiswa Universitas Gunadarma: Transparansi Anggaran Universitas Gunadarma". Bergabunglah dengan Deny dan 868 pendukung lainnya hari ini.