Ringankan Biaya Kuliah Universitas Borobudur di Tengah Pendemi Covid-19

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Pandemi Covid-19 di Indonesia membawa sejumlah dampak di sektor pendidikan, termasuk bagi Perguruan Tinggi, salah satunya Universitas Borobudur Jakarta.  Wabah tersebut menyebabkan orangtua mahasiswa dan mahasiswa yang selama ini bekerja sambil kuliah mengalami kesulitan ekonomi.

Sementara cicilan terus berjalan, kebutuhan pokok tidak dapat di hindarkan, dan kewajiban membayar uang kontrakan atau kosan bagi mahasiswa yang berasal dari daerah juga merupakan suatu beban tersendiri. Banyak mahasiswa yang dilema, memilih tinggal di Jakarta atau pulang ke daerah di masa pendemi ini.

Ketika kuliah online diberlakukan, sesungguhnya banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan, karena kurangnya biaya untuk membeli kuota internet karena keterbatasan ekonomi akibat pendemi.

Disamping itu mahasiswa juga beranggapan bahwa pemberlakuan kuliah online tidaklah efektif. Karena mahasiswa kesulitan menerima materi kuliah dengan baik. hal ini disebabkan karena akses jaringan internet mahasiswa ataupun dosen bermasalah. 

Maka dari itu, karena tidak efektifnya kuliah, materi kuliah tidak diterima dengan baik, maka mahasiswa Universitas Borobudur beranggapan bahwa kebijakan untuk meringankan biaya kuliah adalah kebijakan yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini.

Mahasiswa di berbagai wilayah di Indonesia juga sudah memulai gerakan secara nasional pada 2 juni 2020, melalui #MendikbudDicariMahasiswa, mahasiswa menuntut agar pemerintah  mengambil kebijakan khusus disektor pendidikan ditengah pendemi covid-19 khusunya meringankan biaya kuliah mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan untuk  meringankan biaya kuliah bagi mahasiswa adalah sesuatu yang Urgen.

Karena urgennya masalah ini, tentu mahasiswa berharap agar pihak Rektorat Universitas Borobudur  dapat  merapatkan masalah ini dalam internal kampus, sehingga dapat diambil keputusan yang baik bagi kita semua.

Petisi ini bukan hanya sekedar wujud dari harapan mahasiswa, bukan sekedar keresahan yang menjelma menjadi sebuah tindakan, namun lebih dari pada itu, ini adalah bentuk kepedulian, solidaritas dan kebersamaan antar sesama mahasiswa di tengah pendemi covid 19.

Maka dari itu, mahasiswa Universitas Borobudur  mengajak kita semua untuk menyumbangkan kepedulian untuk kebaikan bersama dengan cara menandatangani petisi ini. Dan semoga kepedulian yang saudara-saudara sumbangkan menjadi berkah bagi kita semua. Terimakasih

Salam.....