Subsidi Kuliah Daring Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Corona virus yang belum kunjung reda membuat setiap orang semakin waspada. Pemerintah pun mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mencegah penularan virus salah satunya adalah belajar dari rumah atau kuliah online, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah (ibadah online) untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19. Adapun beberapa dampak buruk terkait kebijakan tersebut adalah menurunnya pendapatan masyarakat.

Dengan kebijakan dan himbauan dari pemerintah kepada penyelenggara pendidikan untuk tidak melaksanakan perkuliahan atau kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan menggantinya dengan sistem daring (online) telah dilaksanakan oleh  Universitas Katolik Darma cendika Surabaya.
Pengajaran daring tersebut memberatkan mahasiswa/i dengan biaya  kuota yang dibebankan langsung oleh pihak kampus sedangkan biaya SPP terus berjalan seperti pada umumnya, dosen-dosen yang bervariasi menggunakan berbagai aplikasi metode daring untuk pengajaran dan Sebagian Mahasiswa belum terbiasa dengan Pengajaran daring.
Namun demikian kami dari GMKI Komisariat UKDC, BEM-FT UKDC, dan PMKRI Komisariat UKDC meminta kebijaksanaan kepada  kampus/universitas untuk : 

1. Bagikan Subsidi merata pengajaran daring seluruh mata kuliah kepada mahasiswa/i UKDC mengacu pada surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 302/E.E2/KR/2020.

2. Berikan Bantuan Logistik dan kesehatan (masker,hand sanitier dan lain-lain) kepada mahasiswa/i UKDC agar terhindar dari COVID-19

3. Turunkan  dan atau kembalikan harga SPP pada masa Pandemik Virus Corona, karena terdapat keluarga yang terdampak langsung oleh karena COVID-19, Misalnya Buruh yang di PHK, OJOL, Pegawai Perhotelan, Pegawai Pariwisata, pedagang UMKM dsb.

4. Pihak Universitas harus memberikan peraturan yang tegas terhadap kegiatan belajar mengajar , apakah memang di alihkan menjadi pengajaran daring , atau  mix methode. Jika menggunakan mix metode Universitas wajib memberikan perlindungan secara penuh terhadap dosen dan mahasiswa yang terlibat sesuai protokol kesehatan.

5. Kampus wajib mensosialisasikan penggunaan aplikasi Pengajaran Daring guna mengedukasi mahasiswa yang belum mengerti.

Adapun tujuannya sebagai berikut : 

1. Bergotong royong membantu pemerintah pusat memutus Pandemi COVID-19 di Indonesia khususnya di Surabaya yang sudah zona Merah.

2. Membantu Mahasiswa sebagai salah satu kelompok yang rentan terhadap COVID-19

3. Kampus sebagai lumbung pengetahuan harus menjadi benteng pertahanan oleh serangan COVID-19 salah satunya mengedukasi mahasiswa dengan pengajaran daring yang belum familiar kepada mahasiswa UKDC.

4. Kampus UKDC memberikan kepeduliannya kepada kelompok rentan COVID-19 salah satunya Mahasiswa/i.