Budayakan kembali rasa toleransi dan rasa kemanusiaan di Negeri Indonesia

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


        Akhir-akhir ini bisa kita lihat, banyak orang-orang yang sudah tidak mempunyai hati nurani dan gampang sekali untuk berbuat hal yg tidak sepatutnya dilakukan. Khususnya di Negeri kita ini. Nyawa sudah seperti tidak berharga sama sekali dan saling menyakiti seperti sudah wajar sekali dilakukan. Melihat negara Indonesia adalah Negara yang jumlah penduduknya banyak bermayoritas Islam, tidak sepantasnya berbuat hal yang merugikan orang lain dan seperti tidak mempunyai iman sama sekali.

       Baru saja tadi saya melihat disosial media Instagram, video yang menurut saya sangat sangat menyentuh dan karna video itu saya bisa berani menulis petisi ini. Saya melihat, ada seorang nenek yg sedang diikat kedua tangannya karena mencuri beras untuk makan. Dan saya melihat sepertinya bukan hanya diikat tapi ada perlakuan yang kurang menyenangkan untuk saya yg melihat dan khususnya untuk nenek itu sendiri. Bisa kalian lihat sendiri di instagramnya @viralsekali agar kalian tahu begitu teganya orang yang melakukan hal seperti itu.

       Selama ini saya hanya bisa melihat dan mendumel saja atas berita-berita yang ada ditelevisi maupun disosial media khususnya berita tentang kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia. Namun waktu saya melihat video tadi dan mungkin juga saya sudah muak sekali melihat hal-hal seperti itu, jadi saya seperti terdorong untuk membuat petisi ini untuk mengawali perubahan. Kalian juga pasti tahu, tidak sekali dua kali kita lihat perlakuan tak beradab yang dilakukan oleh orang-orang disekitar kita. Bukan hanya dilakukan manusia dengan manusia lagi, namun juga terkadang kita geram sekali tindakan manusia yang justru seperti tidak mempunyai hati dan pikiran kepada hewan.

       Saya menulis petisi ini, bukan karena saya merasa orang yang paling benar ataupun orang yang so tahu dalam segala hal. Hanya saja saya manusia yang tidak bisa melihat perlakuan-perlakuan yang telah saya sebutkan tadi diatas. Terkait masalah nenek tadi, tidak sepatutnya kita sebagai orang muslim yang mempunyai iman, diberi akal sehat dan hati nurani melakukan hal itu. Apalagi terhadap orang tua seperi nenek tadi. Saya tidak membela perilaku nenek tersebut, saya hanya tidak suka atas cara orang-orang itu memperlakukan dan memberitahu dengan cara seperti itu. Ingat, masih ada cara kekeluargaan. Atau lebih bagus kita beri dia sedikit dari rejeki kita. Karna kita tidak pernah tahu, apa alasan nenek itu bisa berbuat seperti itu kalau bukan karna tidak mempunyai uang untuk membayar. Seharusnya kita sadar, ternyata masih banyak orang yang perlu bantuan kita diluar sana. Sebagai manusia yg baik, yg masih mempunyai empati terhadap orang lain. Bantulah! Tolonglah orang-orang yg sedang kesusahan. Jangan menambah bebannya. Bersikaplah secara dewasa dan secara keagaamaan. Tidak selalu hal yang salah apalagi hal seperti ini menjadikan kita seperti manusia yang tidak mempunyai hati dan akal sehat. Memang mau disebut sperti hewan? Tidak kan?

       Saya menulis ini bukan hanya dikhususkan untuk masalah ini saja tetapi saya berharap dan menghimbau kepada orang-orang yang masih berbaik hati untuk tidak melakukan hal seperi itu. Dan untuk yang sudah atau sadar telah melakukan hal yang tidak sepatutnya seperti itu, sadarlah!

       Hentikanlah. Mereka manusia. Kitapun sama manusia. Mereka berbuat salah, kitapun bisa berbuat salah. Biarkan semuanya kita serahkan saja kepada yang Maha pemberi segalanya, Allah SWT.