Petition Closed

Pada hari-hari belakangan ini, kita semakin lupa bahwa yang menjadikan kita di hari ini adalah proses panjang dari masa lalu. Menjadi kita, bangsa Indonesia, adalah jalan panjang yang ditempuh sejak berabad lalu. Proses panjang itu dimulai langkah kecil – juga lompatan besar – dari para pelaku sejarah yang menyumbangkan hidupnya demi apa yang kita dapatkan di hari ini. Dan kita di hari ini, cepat atau perlahan, melupakan langkah para pemula bangsa ini.

Sarekat Islam adalah lompatan besar yang diawali langkah kecil. Sebuah rumah di Kampung Gendong, Semarang, adalah saksi bisu dari langkah kecil yang kemudian menjadi lompatan besar dalam sejarah kita. Ia terbengkalai. Lebih tepatnya disia-siakan. Kita tak merawat ingatan yang tertanam pada ubin dan tiang rumah yang kini semakin rapuh dimakan usia.

Oleh karena itu kami, anak-anak masa kini, dari hasil pergumulan sejarah, menyatakan menolak segala macam tindakan yang menyebabkan punahnya situs sejarah Sarekat Islam Semarang. Kami menjaga warisan sejarah itu agar tetap ada dan terpelihara. Kami menuntut pemerintah untuk mengambil tindakan nyata untuk melestarikan bangunan kantor Sarekat Islam Semarang.
Demi masa lalu, untuk masa kini dan masa depan kita, bangsa Indonesia.

Letter to
Pemerintah Kota Semarang
Lindungi dan Lestarikan Bangunan Sarekat Islam Semarang