Face Shield Aja Tidak Cukup, Acara di TV WAJIB Gunakan Masker!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Walaupun sedang pandemi, berbagai acara televisi sudah kembali siaran secara langsung. Sayangnya, gak semua orang yang ikut acara itu pakai masker. Mereka cuma pakai face shield. Padahal, pakai masker kan, salah satu disiplin 3M yang sangat penting untuk mencegah penyebaran virus?

Tentu saja, ini bahaya. Banyaknya figur publik seperti pembawa acara dan artis yang muncul di televisi sambil bekerumun, tanpa pakai masker dan cuma pakai face shield bisa memberikan pesan yang salah ke masyarakat. Masyarakat bisa berpikir bahwa hanya dengan menggunakan face shield, kita sudah terlindung dari COVID-19. Padahal, kenyataannya tidak! 

Beberapa penelitian mengatakan bahwa face shield tidak efektif mencegah penularan COVID-19. Makoto Tsubokura dari Kobe University menyebutkan bahwa face shield gak bisa melindungi diri kita dari tetesan kecil kurang dari 20 mikrometer. Jadi, tetesan kecil tersebut bisa menempel di face shield itu sendiri, di meja, di alat-alat lainnya bahkan bisa terbawa udara dan berpindah ke orang di sebelahnya. 

Hal itu dipertegas oleh Dicky Budiman, epidemiolog dari Griffith University yang bilang face shield gak bisa sama sekali menggantikan fungsi masker. 

Buktinya, sudah ada beberapa figur publik yang terinfeksi COVID-19. Mereka juga sering muncul di televisi tanpa masker. Maia Estianty dan Boy William di acara Indonesian Idol, misalnya. 

TV menjadi bagian penting untuk edukasi masyarakat Indonesia agar bisa bersama-sama mengontrol pandemi ini. Penting bagi figur-figur di TV menunjukkan bahwa perilaku 3M dilakukan dengan sebaik-baiknya, tanpa kecuali.

Oleh karena itu, LaporCovid19 meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan aturan agar seluruh acara di TV diwajibkan untuk selalu menggunakan masker. Agar TV dapat mengambil peran secara benar terkait perilaku 3M di masyarakat. Tidak malah memberikan contoh yang sebaliknya. 

Yuk, kita suarakan bersama-sama!

#FaceShieldGakCukup