Petisi ditutup

Tanya konsumen, mau naik angkot atau online? Suarakan kemauanmu

Petisi ini mencapai 49 pendukung


Dalam pengambilan keputusan merespons maraknya protes yang diiringi kekerasan antara angkutan konvensional dan angkutan berbasis teknologi online, Pemerintah belum melibatkan masyarakat pengguna layanan transportasi. Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan karena apapun keputusan yang akan diambil Pemerintah akan berdampak terhadap konsumen. Padahal konsumen memiliki hak yang diatur oleh UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dimana Pemerintah Republik Indonesia menjelaskan bahwa konsumen memiliki:

* hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;
* hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
* hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
* hak untuk didengan pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;
* hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;
* hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
* hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
* hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;
* hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.
*
Dengan ini, kami mewakili konsumen pengguna transportasi konvensional dan online di Indonesia ingin mendorong Pemerintah untuk menggali pendapat masyarakat, berkonsultasi aktif dan/atau membuka forum jajak pendapat, memasukkan pertimbangan masyarakat pengguna dan mengkonsultasikan kebijakan yang akan diambil.



Hari ini: Cynthia mengandalkanmu

Cynthia Maharani membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Konsumen angkutan umum Jabodetabek : Tanya konsumen, mau naik angkot atau online? Suarakan kemauanmu". Bergabunglah dengan Cynthia dan 48 pendukung lainnya hari ini.