Batalkan Keputusan KPU Terkait Penetapan Dapil di Nias Selatan!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


KPU RI telah menerbitkan Keputusan No. 265/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota Di Wilayah Provinsi Sumatera Utara Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, tertanggal 4 April 2018, khususnya Lampiran I.15 (selanjutnya disebut Keputusan). Keputusan tersebut "cacat", sebab tidak berdasar, sehingga melanggar hukum dan prinsip-prinsip penataan daerah pemilihan.

Sebelum Keputusan diterbitkan, KPU Kabupaten Nias Selatan telah mengusulkan 3 (tiga) draft yang telah melalui proses uji publik agar salah satu diantaranya ditetapkan oleh KPU RI. Akan tetapi, KPU RI menerbitkan Keputusan tanpa mengacu pada salah satu dari tiga draft usulan tersebut. Padahal, usulan KPU Kabupaten Nias Selatan lebih akomodatif karena telah melalui proses uji publik dan menampung berbagai usulan dan masukan masyarakat setempat, terutama draft 1 dan draft 2 karena dinilai lebih menguatkan keterwakilan setiap daerah pemilihan dan merepresentasi kepentingan masyarakat di lembaga DPRD Kabupaten Nias Selatan. Keterwakilan yang kuat setiap daerah pemilihan bertujuan agar aspirasi-aspirasi masyarakat di setiap daerah pemilihan, lebih akomodatif, sehingga hak-hak konstitusional masyarakat dapat terwujud.

Mengingat Keputusan tidak berdasar, warga-masyarakat Kecamatan Lahusa, Somambawa, Siduaori (LASORI), Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, telah mengajukan gugatan di PTUN Jakarta dan teregister dengan Perkara No. 115/G/2018/PTUN-JKT, menuntut kepada Majelis Hakim agar Keputusan dinyatakan batal atau tidak sah! Keputusan, selain cacat, juga tidak berdampak pada perwujudan hak-hak masyarakat. Pada akhirnya, pemilu sekedar formalitas semata.

Oleh karena itu, KPU RI sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang dalam menyelenggarakan fungsinya harus memenuhi prinsip efektif dan efisien, maka untuk menghindari waktu yang berlarut-larut selama proses persidangan, sudah seharusnya KPU RI segera mencabut Keputusan dan menerbitkan Keputusan baru yang mengacu pada usulan KPU Kabupaten Nias Selatan, terutama draft 1 dan draft 2.

Demikian, jika betul tagline KPU Melayani (?)



Hari ini: LASORI mengandalkanmu

LASORI membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia: Batalkan Keputusan KPU Terkait Penetapan Dapil di Nias Selatan!". Bergabunglah dengan LASORI dan 48 pendukung lainnya hari ini.