ARIEF HIDAYAT MUNDURLAH!!!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.


8 Februari lalu, Mahkamah Konstitusi (MK) baru aja membuat putusan soal Hak Angket KPK. Isinya: KPK dibilang bagian dari eksekutif sehingga DPR bisa keluarkan Hak Angket untuk KPK.

Padahal putusan itu melanggar 4 putusan MK yang lain yang menyatakan bahwa KPK merupakan lembaga independen yang bukan berada di dalam ranah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Jadi DPR sebetulnya nggak bisa pakai Hak Angket untuk KPK.

Kenapa MK keluarkan putusan yang nggak berpihak pada upaya pemberantasan korupsi? Mungkin ini ada hubungannya dengan Ketua MK Arief Hidayat yang sering membuat pelanggaran etik.

Misalnya pada 2016, Arief Hidayat dapat sanksi karena membuat surat titipan/katebelece kepada Jaksa Agung Muda Pengawasan Widyo Pramono untuk "membina" seorang kerabatnya. Terus Arief juga melanggar etik karena bertemu Pimpinan Komisi III DPR di tengah proses pencalonannya kembali sebagai Hakim Konstitusi oleh DPR. Tanpa ada undangan resmi dan di hotel yang merupakan tempat tertutup.

Sejak dua tahun lalu, organisasi masyarakat sipil seperti ICW, Perludem, Kemitraan, STHI Jentera, dan PP Muhammadiyah sudah meminta agar Arief Hidayat untuk MUNDUR dari Jabatannya sebagai Ketua sekaligus Hakim di Mahkamah Konstitusi. Sebanyak 76 guru besar dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta juga sudah mengirim surat desakan agar Arief Hidayat mundur.

Selain pelanggaran etik, Arief juga dinilai ‘dekat’ dengan DPR yang sering buat manuver untuk melemahkan KPK. Bayangkan orang seperti itu yang memimpin lembaga yang menentukan hak-hak konstitusional kita!

Putusan MK soal Hak Angket terhadap KPK ini adalah pertanda jelas bahwa Arief Hidayat tidak layak menjadi Ketua dan Hakim MK. MK harusnya jadi lembaga yang berintegritas dan berkeadilan. Tapi Arief Hidayat tidak mencerminkan itu semua.

Kami meminta dukungan dari semua pihak, melalui petisi ini dengan hormat meminta Saudara ARIEF HIDAYAT, untuk MENGUNDURKAN DIRI dari Jabatan Ketua sekaligus Jabatan Hakim Konstitusi di Mahkamah Konstitusi.



Hari ini: Virgo Sulianto mengandalkanmu

Virgo Sulianto Gohardi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Ketua MK ARIEF HIDAYAT MUNDURLAH!!! @Humas_MKRI". Bergabunglah dengan Virgo Sulianto dan 17.230 pendukung lainnya hari ini.