DUKUNG KPK BERANTAS "DEWA" KORUPTOR DI SABU RAIJUA

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Di tengah arus besar perbincangan dan begitu banyak perhatian terhadap Kabupaten Sabu Raijua terkait isu kewarganegaraan bupati terpilih Orient P. Riwu Kore, kami mengajak seluruh elemen masyarakat dapat memakai momentum ini dengan menanda-tangani petisi guna mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi, Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia serta lembaga hukum lainnya yanga masih peduli di Republik Indonesia agar dapat memberikan perhatian yang sama besarnya, khusus terkait penanganan masalah-masalah indikasi/dugaaan korupsi yang terjadi di Kabupaten Sabu Raijua yang selama ini belum mendapat kejelasan penanganan.

Kabupaten Sabu Raijua, yang berdiri 12 tahun lalu, kini bisa dikatakan sebagai Kabupaten Mangkrak, dimana terdapat berbagai proyek yang telah menghabiskan anggaran miliaran rupiah namun terbengkalai. Demikian juga anggaran-anggaran pemberdayaan dan bantuan sosial, yang meninggalkan sejumlah persoalan hukum yang tak kunjung ada penyelesaian.

Ada begitu banyak dugaan indikasi korupsi yang terjadi di Kabupaten Sabu Raijua yang perlu diselesaikan dengan cepat, karena diduga telah merugikan masyarakat dan negara.

Ini adalah persoalan mendasar di Kabupaten Sabu Raijua yang harus diketahui dan direspon oleh Komisi Pemberantasan Korupsi serta aparat penegak hukum lainnya, agar dapat segera diambil langkah-langkah hukum karena masyarakat sudah sangat bosan dan dirugikan oleh kondisi-kondisi seperti di bawah ini :

1. Proyek Pembangunan Gedung DPRD dan sejumlah gedung SKPD di Menia, ibukota Kabupaten Sabu Raijua yang kini hanya terlihat onggokan besi yang berdiri tegak sejak tahun 2014.

2. Proyek pembangunan ruas-ruas jalan yang terkesan dikerjakan asal jadi, dibiarkan mangkrak bertahun-tahun tanpa ada penyelesaian secara hukum.

3. Pekerjaan Pembangunan Pabrik Air Mineral Dalam Kemasan, Pekerjaan Pembangunan Pabrik Rumput Laut, Pekerjaan Pembangunan Pabrik Es yang menelan biaya yang sangat besar, namun dibiarkan mangkrak dan tak kunjung dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

4. Proyek Pembangunan Rumah Pandai Besi di Kecamatan Liae yang terbengkalai dan tak bisa difungsikan.

5. Indikasi Kasus Korupsi Dana Bansos tahun 2013, 2014, dan 2015 yang sampai hari masih mengendap di Kejaksaan Tinggi NTT dan tidak ada kejelasan.

Bukti-bukti pendukung bisa ditemukan oleh KPK lewat Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI Perwakilan NTT.
Juga bisa dilihat dari berbagai pemberitaan media lokal maupun nasional, namun tak kunjung ada penyelesaian hukum sampai hari ini.

Untuk itu, kami meminta bantuan Presiden Joko Widodo, Komisi Pemberantasan Korupsi, Kejaksaan Agung Republik Indonesia, dan Kepolisian Republik Indonesia untuk dapat segera menuntaskan semua persoalan ini, yang telah menimbulkan kesengsaraan masyarakat Sabu Raijua selama ini.

http://www.pelopor9.com/berita/330/proyek-rumah-pandai-besi-4-m-di-sabu-raijua-mangkrak-sejak-2017

https://rakyatntt.com/rumah-pandai-besi-di-mehona-rp-4-m-mubazir-pengrajin-kita-pilih-yang-baru/

https://youtu.be/L5zmqeuDv1I

https://rakyatntt.com/sabu-raijua-penuh-dengan-monumen-proyek-mangkrak/

https://voxntt.com/2020/09/18/proyek-mangkrak-di-sabu-raijua-komisi-iii-dprd-minta-penegak-hukum-investigasi/68413/

http://pelopor9.com/berita/1157/banyak-proyek-mangkrak-dewan-ini-minta-pilih-pemimpin-yang-tulus--untuk-sarai

https://newsaspirasirakyat.com/polhukam/sabu-raijua-dirugikan-rp-79-m-akibat-proyek-mangkrak/

https://kupang.antaranews.com/berita/9010/pemkab-sabu-diminta-operasikan-kembali-pabrik-rumput-laut

http://www.pelopor9.com/berita/133/pabrik-oasa-127-miliar-macet-dewan-desak-bupati-sarai-cari-teknisi

http://www.suaraflobamora.com/2020/10/11/nilai-proyek-mangkrak-di-sabu-raijua-capai-rp-3032-milyar/

https://www.cnnews.id/ada-9-proyek-mangkrak-ta-2019-senilai-rp-20-m-di-dinas-pupr-sabu-raijua/

https://www.kriminal.co/2020/06/12/kasus-bansos-sabu-raijua-mengendap-di-kejati-ntt/

https://kupang.tribunnews.com/2019/05/11/fp2sr-dukung-kejati-ntt-tuntaskan-kasus-bansos-di-sabu-raijua

https://realitarakyat.com/2019/05/13/jaksa-segera-tetapkan-tersangka-kasus-bansos-sabu/