Petisi ditutup

Peraturan hijab yang menutupi leher untuk atlet karate muslimah

Petisi ini mencapai 182 pendukung


Dalam cabang olahraga karate terdapat sederet peraturan dalam pertandingan maupun perlengkapan pertandingan. Salah satu peraturan yang memiliki banyak polemik adalah peraturan hijab untuk atlet wanita muslimah. kini peraturan hijab atlet karate standar internasional 2013 yaitu sama seperti yang dipaparkan oleh bapak Donal Kolopita ketua dewan wasit FORKI "tenggorokan tidak boleh tertutup dan setengah kuping harus terbuka" .
Alasan nya untuk mempertimbangkan keselamatan atlet, yaitu jika terjadi cidera pada telinga atlet yang mengeluarkan darah, maka wasit dan tim medis mengetahui nya.

Dan dalam beberapa tingkat pertandingan termasuk pertandingan standar nasional di indonesia peraturan ini sudah ditetapkan dan dijalankan. Dimana setiap atlet muslimah kategori kata ( memperagakan jurus) atau kumite ( laga ) tidak di izinkan memakai anak jilbab menutupi leher atau yang sering disebut "anak jilbab ciput" sebagai pelapis dari hijab standar wkf . tetapi harus menggunakan sesuai peraturan.

Namun indonesia sebagai negara yang mayoritas muslim, dimana para atlet muslimah yang juga banyak berpartisipasi dalam cabang olahraga karate ini memiliki keberatan disini, dikarenakan standar peraturan hijab yang tidak sesuai dengan keyakinan atlet muslimah, yaitu dimana atlet muslimah yang berhijab harus tetap memperlihatkan leher dan telinga dalam pertandingan. Sedangkan kita tahu hijab itu gunanya untuk menutupi aurat termasuk juga leher .
Oleh karena itu banyak dari atlet-atlet muslimah indonesia yang harus mengubur impiannya untuk berprestasi dalam olahraga karate ini dikarenakan sebagian mereka memilih berhenti ketimbang melanggar syariat agama demi mengikuti suatu pertandingan. Contoh nya kisah auliya karateka asal ngawi yang sempat viral beberapa waktu lalu, dimana ia memilih mundur dari pertandingan daripada harus memakai hijab standar wkf yang mengharuskan aurat leher nya kelihatan .


Sebenarnya kita dapat mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan tersebut, agar impian kami para karateka muslimah tidak harus terhenti di tengah jalan, salah satunya adalah jika alasan membuka setengah telinga dan leher tersebut agar mengetahui jika ada darah yang keluar dari telinga akibat cidera, karateka muslimah dapat memakai anak jilbab ciput yang berwarna terang seperti warna kulit atau warna putih untuk lapisan hijab standar wkf tersebut, sehingga jika ada darah dapat terlihat .
Dan juga jika salah satu alasannya yaitu agar mudah untuk mengecek apakah atlet menggunakan anting, tetap bisa mudah dilakukan , dimana biasanya sebelum pertandingan wasit juri akan melihat kondisi perlengakapan atlet, dan dengan memegang bagian telinga atlet , maka dapat diketahui apakah atlet tersebut sudah melepaskan anting nya atau belum .

Maka kami para karateka muslimah meminta kepada ketua Forki Indonesia bapak Panglima TNI Gatot Nurmantyo beserta jajaran nya di FORKI untuk mendiskusikan kembali peraturan hijab di cabang olahraga karate di Indonesia. Dimana atlet muslimah diizinkan memakai anak jilbab ciput yang menutupi leher untuk lapisan dalam penggunaan hijab standar wkf . Agar kami para karateka muslimah tetap bisa mengikuti berbagai pertandingan di Indonesia tanpa harus melanggar peraturan dari Agama yang kami yakini.

Dan kami meminta partisipasi dan dukungan dari seluruh masyarakat indonesia untuk menandatangani petisi ini agar FORKI dapat merubah aturan hijab yang mengharuskan atlet menampakkan leher dan setengah telinga. Partisipasi anda dalam bentuk menandatangani petisi ini sangat membantu kami, Insyaallah FORKI akan menimbang, memberi toleransi atau merubah peraturan tersebut sehingga kami para atlet muslimah dapat mengikuti pertandingan dan terus menggapai impian kami dalam cabang olahraga karate ini .



Hari ini: Puti mengandalkanmu

Puti Hassanah membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Ketua FORKI Indonesia bapak Panglima TNI Gatot Nurmantyo: Peraturan hijab menutupi leher untuk atlet karate muslimah". Bergabunglah dengan Puti dan 181 pendukung lainnya hari ini.