PDIP, PKB, NasDem, Hanura, PPP, dan Golkar Buka Hati Nuranimu

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Surat Usulan Hak Angket atas tindakan inkonstitusional pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah bergulir di DPR-RI ( berita ), tapi sejak awal enam fraksi pendukung pemerintah yang terdiri dari PDIP, PKB, PPP, Golkar, NasDem, dan Hanura menyatakan menolak.

Jika memang tuduhan itu tidak benar, mengapa keenam fraksi pendukung pemerintah ini menolak penyelidikan atas tindakan pemerintah tersebut? Padahal bergulirnya hak angket ini seharusnya menjadi kesempatan bagi Ahok dan partai-partai pendukungnya untuk membuktikan melalui penyelidikan yang akan dilakukan bahwa tuduhan inkonstitusional tersebut tidak benar.

Usulan hak angket ini datang dari berbagai kalangan masyarakat, terutama warga muslim Jakarta yang merasa pemerintah terlalu mengistimewakan Ahok di mata hukum. Usulan tersebut telah dinyatakan melalui berbagai cara kepada DPR-RI, salah satunya melalui aksi massa pada tanggal 21 Februari 2017 di depan gedung Parlemen. Sudah sepatutnya, aspirasi masyarakat ini didengar dan difasilitasi oleh para wakil rakyat di DPR-RI tanpa memandang kubu yang pro atau kontra pemerintah, tapi atas asas keadilan dimata hukum dan demokrasi.

Maka, dengan ini kami warga masyarakat Republik Indonesia:

  1. mengetuk suara hati seluruh anggota dewan yang terhormat, orang per orang yang memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan hak angket ini untuk memberikan persetujuannya atas hak angket terhadap tindakan Mendagri diatas.
  2. Menuntut DPR-RI untuk memanggil Menteri Dalam Negeri secara terbuka, dihadapan publik untuk dimintai tanggungjawabnya terhadap tindakan pengangkatan kembali gubernur terpidana Basuki Tjahaja Purnama.
  3. menghimbau segenap warga negara Republik Indonesia yang peduli akan kesetaraan hukum untuk tidak memilih partai-partai yang menolak hak angket ini pada Pemilu Legislatif yang akan datang.

Jika bukan kepada saudara-saudara anggota dewan yang terhormat, kemana lagi kami masyarakat harus mengadu? Atas nama keadilan dan kesetaraan di mata hukum, petisi ini kami ajukan.

 

Inisiator,

Ardian Perdana Putra



Hari ini: Ardian mengandalkanmu

Ardian Perdana Putra membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Ketua dan Para Wakil Ketua DPR RI: PDIP, PKB, NasDem, Hanura, PPP, dan Golkar Buka Hati Nuranimu". Bergabunglah dengan Ardian dan 166 pendukung lainnya hari ini.