Petition update

Untuk Presiden Jokowi : Tolong Terbitkan Perppu Membatalkan UU Ciptaker

Pdt Penrad Siagian
Indonesia

Nov 2, 2020 — 

Teman-teman terimakasih atas dukungannya dalam petisi ini. Sampai hari ini sudah 1.4 juta lebih dukungan yang teman-teman berikan. Dukungan ini adalah representasi suara rakyat Indonesia.

Karena itu kami ingin meminta kepada Presiden untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) untuk membatalkan UU tersebut. 

Sejak awal pembahasan UU Ciptaker ini sudah menuai banyak penolakan. Gelombang penolakan semakin bertambah saat pengesahan 5 Oktober, dan semakin meluas setelah pengesahan. Ironisnya, gelombang penolakan justru diwarnai dengan ancaman, kekerasan, kriminalisasi dan intimidasi. 

Setelah pengesahan, kontroversi UU Ciptaker juga masih berlanjut. Meski sudah disahkan, draft UU Ciptaker tidak dapat langsung dibuka ke publik. Sampai-sampai banyak beredar berbagai versi draft UU Ciptaker dengan jumlah halaman yang berbeda-beda. Sampai, saat ini kami mendapatkan draft UU Ciptaker versi final bersih yang berisikan 1187 halaman. Draft itu bukan kami dapatkan dari keterbukaan DPR RI maupun pemerintah. 

Masalah-masalah dalam UU Cipta Kerja adalah masalah kita bersama. Diperlukan empati dan kasih untuk memahami perspektif saudara-saudara kita yang mengalami ketidakadilan, kondisi yang akan semakin langgeng dengan adanya UU ini. 

Bukan tidak mungkin, suatu hari, kita yang akan berada di posisi mereka. Karena itu kami kembali menyampaikan kepada Pemerintah, Presiden RI Joko Widodo dan DPR RI sebagaimana maklumat yang telah kami sampaikan melalui petisi yakni: 

1. Menolak Pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja
2. Meminta Kepada Presiden untuk menerbitkan Perppu pembatalan Omnibus Law UU Cipta Kerja ini.
3. Meminta kepada Presiden dan DPR RI untuk membuka kembali ruang partisipasi publik atas perancangan UU Cipta Kerja ini
4. Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk berikhtiar dan berdoa bagi negeri, bangsa dan para pemimpin di Republik ini. 

Teman-teman, petisi yang sudah didukung oleh lebih dari 1,4 juta orang ini akan kami serahkan kepada Presiden Joko Widodo, sebagai dukungan dari publik untuk penolakan Omnibus Law. Terus sebar lewat sosial media atau whatsappmu untuk menambah dukungan petisi ini.

Salam,

Inisiator Petisi 

1. DR. Nurul Yamin

2. Ulil Absar Adbdalla

3. Pdt. DR. Mery Kolimon

4. Prof. Busryo Muqodas

5. DR. KH. A. Syatori

6. Pdt. DR. Phil Karel Erari

7. Mohammad Shohibudin, MA

8. DR. Trisno Raharjo

9. DR. Tongat

10. Heru Prasetia

11. Engkus Ruswana

12. Pdt. Weinata Sairin

13. Roy Murtadho

14. Pdt. Ruth Ketsia Wangkai

15. Gus Hasan Malawi16. KH. Marzuki Wahid

17. Pdt. Penrad Siagian


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.