Petition Closed
Petitioning Kepala Polisi RI Jebdral Pol Timur Pradopo

Kepala Polisi RI: Hentikan Kasus Pencemaran Nama Roebaidah

28
Supporters

Jangan sampai korban KDRT dikriminalisasi dengan pasal pencemaran nama.

Letter to
Kepala Polisi RI Jebdral Pol Timur Pradopo
Kepada Yth
Kepala Kepolisian Republik Indonesia

Dengan hormat,

Kami menyatakan protes atas tindakan Kapolresta Magelang yang memeriksa ibu Roebaidah dalam kasus pencemaran nama baik atas pengaduan suaminya, Joko Prasetyo, Wakil Walikota Magelang. Laporan tersebut menyusul kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan sang suami terhadap Roebaidah dan ia beritakan lewat media sosial. Sedang kasus KDRT itu sendiri sudah selesai disidik dan sudah memasuki tahap "P-21".

Pemeriksaan ibu Roebaidah sungguh menciderai rasa keadilan, karena sejatinya beliau adalah korban. Dengan memeriksanya sebagai tersangka kasus pencemaran nama, maka ibu Roebaidah menjadi korban ganda (double victim), sudah menjadi korban KDRT menjadi korban kriminalisasi pula.

Kasus pencemaran nama yang menimpa ibu Roebaidah ini menambah daftar panjang bukti bahwa pasal pencemaran nama baik bukan lagi untuk melindungi reputasi orang baik-baik namun justru untuk memidana orang yang mencari keadilan dan mengungkap kebenaran. Jika pasal pencemaran nama baik terus diterapkan secara tidak bijak, maka akan menimbulkan "chilling effect", yaitu, semua orang akan takut mencari keadilan dan mengungkap kebenaran.

Untuk itu, kami memohon agar Bapak Kapolri memerintahkan Kapolresta Magelang yang kini menyelidiki kasus pencemaran nama dengan tersangka Saudara Roebaidah. Tanpa mengurangi apresiasi kami terhadap Polresta Magelang yang telah menyidik kasus KDRT yang dilakukan suami ibu Roebaidah, kami khawatir jika kasus ini diteruskan maka akan membuat korban KDRT takut melaporkan kasusnya karena ancaman pasal pencemaran nama.