Petisi ditutup

Keadilan Buat Sozanolo Lase (Korban tewas dalam tugas penagihan pajak)

Petisi ini mencapai 194 pendukung


Penghargaan yang diberikan kepada Parado Togar Siahaan sangat berbeda dengan perlakuan terhadap Sozanolo Lase. Keduanya adalah petugas yang tewas dalam tugas penagihan pajak di Gunungsitoli. Parado Toga Fransriano Siahaan (30 tahun) yang sudah berstatus PNS, mendapatkan kehormatan sebagai pahlawan. Pemakamannya dilakukan secara militer, diiringi lagu Gugur Bunga; anaknya yang masih dalam kandungan mendapatkan asuransi pendidikan; istri yang ditinggalkannya diberikan rumah dinas oleh Direktorat Jenderal Pajak. Mungkin masih banyak lagi yang bersifat membantu keluarga maupun bersifat penghargaan.

Tetapi apa yang terjadi kepada Sozanolo Lase yang telah 10 tahun bekerja sebagai pegawai honorer kantor pajak dan yang ikut terbunuh dalam tugas tersebut? Sungguh menyedihkan! Sozanolo Lase belum (tidak) mendapatkan penghargaan dalam bentuk apapun.

Apakah karena status kepegawaiannya yang 'hanya' pegawai honorer maka kematian Sozanolo harus diperlakukan berbeda? Apakah kriteria 'mati dalam tugas' untuk dimakamkan secara militer hanya untuk PNS dan tidak untuk pegawai honorer? Apakah Sozanolo Lase karena status honorernya tidak juga memiliki keluarga yang kehilangan dan perlu mendapatkan simpati? Apakah status honorernya itu membedakan fungsi-fungsi Sozanolo sebagai tulang punggung keluarga dengan Parado Toga sebagai tulang punggung keluarga? Apakah ada undang-undang yang mengatur bahwa kalau tewas dalam tugas, maka yang honorer tidak pantas menerima penghargaan?

Petisi ini tidak bermaksud meminta upacara militer dan lagu Gugur Bunga untuk Sozanolo karena pemakamannya sudah berlalu. Namun petisi ini meminta kepada pihak-pihak terkait agar MEMBERI KEADILAN UNTUK SOZANOLO LASE minimal dalam bentuk dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Siapa yang setuju bahwa perlakukan terhadap Parado dan Sozanolo seharusnya sama atau paling tidak mendekati sama, mohon tandatangani petisi ini. Semoga bapak-bapak yang diharapkan membantu dapat mendengarnya dan memenangkan keadilan untuk Sozanolo.



Hari ini: Syukur mengandalkanmu

Syukur Zendrato membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sibolga: Keadilan Buat Sozanolo Lase (Korban tewas dalam tugas penagihan pajak)". Bergabunglah dengan Syukur dan 193 pendukung lainnya hari ini.