Kemenangan

Tolak perijinan pengubahan bentuk maupun pemangkasan bangunan Gereja Katedral Makassar

Petisi ini membuat perubahan dengan 162 pendukung!


Bangunan gereja Katedral Makassar yang berusia lebih dari 110 tahun rencananya akan dibongkar dan digantikan dengan banguan gereja baru yang lebih megah. 

Pihak pemohon telah mengajukan ijin untuk membongkar bangunan gereja katedral dan menggantikan dengan bangunan yang baru dengan alasan kapasitas gereja yang sudah tidak mencukupi lagi menampung umat untuk beribadat.

Ijin untuk membongkar bangunan gereja Katedral dibutuhkan karena hingga saat ini bangunan tersebut termasuk dalam daftar cagar budaya (situs no. 374) di kota Makassar yang tentu saja seharusnya dilestarikan.

Benarkah bangunan gereja sudah tidak mencukupi lagi?

Ya dan tidak. Memang benar pada saat ibadat perayaan tertentu seperti Paskah dan Natal, jumlah umat yang datang melebihi kapasitas bangunan gereja. Hal ini dapat dimaklumi karena biasanya pada saat perayaan tersebut, umat dari paroki lain ataupun dari luar kota datang beribadat.

Hal tersebut bukan hanya terjadi di gereja Katedral akan tetapi juga terjadi di tempat ibadat yang lainnya baik di luar kota bahkan di luar negeri sekalipun.

Hasil pengamatan menunjukkan jumlah umat yang datang beribadat pada hari minggu biasa rata-rata masih tertampung di dalam bangunan gereja. Terkadang malah masih banyak bangku kosong yang tidak terisi.

Jika ijin membongkar gereja Katedral Makassar dikeluarkan, maka bukan cuma umat Katedral Makassar saja, akan tetapi masyarakat Sulawesi Selatan akan kehilangan bangunan cagar budaya yang menjadi saksi perjalanan sejarah masuknya Gereja Katolik di daerah ini.

Dengan petisi online ini, kami menyampaikan aspirasi kami bahwa kami:

1) Tidak menyetujui adanya rencana pengubahan bentuk maupun pemangkasan bangunan Gereja Katedral Makassar,

2) Meminta dihentikannya proses perijinan pengembangan Gereja Katedral Makassar,

3) Meminta ketegasan pihak BPCB untuk menyatakan Gereja Katedral Makassar adalah Benda Cagar Budaya yang TIDAK DAPAT DIBONGKAR.

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Katedral_Ujung_Pandang

http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbmakassar/

http://katedralmakassar.blogspot.com



Hari ini: Hengky mengandalkanmu

Hengky Manoppo membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar: Tolak perijinan pengubahan bentuk maupun pemangkasan bangunan Gereja Katedral Makassar". Bergabunglah dengan Hengky dan 161 pendukung lainnya hari ini.