Naikkan batas umur maksimal 45 tahun bagi fasilitator program pemerintah

Naikkan batas umur maksimal 45 tahun bagi fasilitator program pemerintah

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!
Mas Ice memulai petisi ini kepada Kementrian PUPR dan

Pembatasan umur bagi fasilitator program pemerintah maksimal 45 tahun perlu diubah.

Umur 45 tahun adalah umur yang masih produktif, belum usia pensiun, dan masih cukup enerjik. Umur 40 - 50 tahun adalah usia emas bagi seorang fasilitator, dimana dalam usia tersebut seorang fasilitator sudah cukup pengalaman berhubungan dengan masyarakat, memiliki cukup pengalaman dalam melakukan pendekatan dan pemberdayaan terhadap masyarakat, dan umur dimana sudah memiliki kematangan pendampingan terhadap masyarakat. 

Umur 40-55 tahun secara energi, masih cukup mampu untuk melakukan pekerjaan lapangan, sama seperti PNS bagian lapangan yang memiliki usia pensiun 58 tahun, mereka masih cukup mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Seorang fasilitator itu lebih banyak menggunakan otaknya bukan ototnya. fasilitator itu bukan pekerja kasar, tetapi seorang ahli pemberdayaan bagi masyarakat. 

Secara ekonomi, pembatasan usia 45 tahun, dirasa sangat tidak adil, seperti memotong karir yang sudah dijalani bertahun-tahun. Kesempatan pindah kerja ke bidang lain di usia tersebut sangat tidak mudah. Padahal di usia tersebut anak-anaknya sedang membutuhkan biaya sekolah.

Pembatasan umur maksimal 45 tahun bagi seorang fasilitator di program-program pemerintah seperti Pamsimas, Sanimas, Sandes, dan lain-lain, sangat kurang beralasan. Selain memang tidak ada aturan mengenai ketenaga kerjaan yang jelas yang mengatur hal ini, juga dirasa kurang adil secara karir dan ekonomi, mengingat jenjang karir fasilitator pun terbatas, dan pendapatan saat menjadi fasilitator aktif pun tidak cukup untuk menabung dan mengatur keuangan untuk masa depan karena jumlah gaji yang tidak cukup besar karena tidak ditambah dengan tunjangan.

Karena itu pembatasan umur maksimal 45 tahun bagi program-program pemerintah perlu ditinjau ulang, dinaikkan sesuai batas usia pensiun yang lebih adil dan realistis. Pemerintah dan wakil rakyat perlu membuat aturan yang jelas yang menjadi rujukan bagi tenaga kerja fasilitator program pemerintah ini, mengingat jumlah yang bergantung dan berkarir sebagai fasilitator program pemerintah ini juga sangat banyak di Indonesia ini. Terima kasih.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!