BATALKAN PERPINDAHAN PENERBANGAN DOMESTIK JAWA BARAT KE KERTAJATI!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


"TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Perhubungan akan memindahkan rute penerbangan angkutan niaga berjadwal dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati. Rencana pemindahan itu efektif mulai 15 Juni 2019. 

Adapun opsi pemindahan rute dipilih sebagai solusi untuk menghidupkan kembali Bandara Kertajati yang sebelumnya sempat sepi. Dalam beberapa bulan terakhir, Agus mengakui bandara yang berlokasi di Majalengka itu sempat lowong karena seluruh maskapai penerbangan mencabut rutenya. Alasan lain ialah mengakomodasi kebutuhan layanan, baik dari sisi penumpang maupun sisi penerbangan. “Pertimbangan safety. Ini kan sudah bandara besar, fasilitasnya lebih menjamin, baik untuk penumpang dan airlines,” ucap Agus."

 

Rencana perpindahan penerbangan domestik Jawa Barat menjadi di Bandara Kertajati, Majalengka ini meresehkan banyak dari kita, baik warga Jawa Barat, terutama Bandung, maupun perantau. Akses menuju Bandara Kertajati dinilai masih sangat kurang untuk dijadikan gerbang Jawa Barat. Untuk kita yang biasa pulang pergi menuju atau dari Bandung, hal ini bisa menjadi sangat menyulitkan karena harus menambag waktu di jalan menuju Majalengka, dengan masih minimnya fasilitas transportasi maupun jalan menuju ke sana. 

Kami mendesak Kementrian Perhubungan, Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis PT BIJB, maupun PT Angkasa Pura II untuk membatalkan perpindahan penerbangan ini, paling tidak sampai benar-benar ada fasilitas yang memadai seperti kereta cepat menuju Bandara Kertajati atau perbaikan akses dan adanya fasilitas pendukung lainnya.