Tekankan penggunaan produk dalam Negeri di Toko-Toko Indonesia!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Hal ini menjadi fondasi utama terhadap perkembangan sektor perdagangan di tanah air kita.

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah perusahaan di Indonesia yang terjadi selama 10 tahun kemarin. Pada tahun 2006, ada sebanyak 22,7 juta perusahaan di Indonesia. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 3,98 juta dimana pada tahun 2016 Indonesia memiliki sekitar 26,7 juta perusahaan.

Berdasarkan skala usaha, 26,26 juta (98,33%) perusahaan berskala usaha mikro kecil (UMK) dan 450,000 lainnya berskala usaha menengah besar (UMB). UMK hanya bisa berkembang jika masyarakat memberi dukungan kepada usaha tersebut dengan membeli produk mereka. Tetapi, bagaimana caranya mereka mendapatkan skala konsumen yang lebih besar jika toko-toko di Indonesia kurang menunjukkan dukungan kepada UMK?

Pada tahun 2019 ini, komunitas UMK sudah mulai berinovasi secara kreatif. Mereka memproduksi produk-produk mulai dari pakaian, perlengkapan rumah tangga, makanan, beragam bisnis jasa dan banyak lainnya. Sebagian besar dari perusahaan dan bisnis tersebut berhasil mencapai tingkat kualitas produk yang baik dan memuaskan. Kita sebagai warga Indonesia sepantasnya mengapresiasi bisnis tersebut dengan mendukung perdagangan mereka agar produk Indonesia memiliki kesempatan untuk bersaing dalam lahan lebih besar yakni perdagangan internasional.

Salah satu penyebab dari memudarnya rasa nasionalisme diutamakan karena kurang mendidik dari generasi-generasi tua yang sekarang cenderung mementingkan kepentingan pribadi sendiri dan tidak mendahulukan kepentingan bangsa dan rakyat.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa “Merawat dan menjaga kearifan lokal budaya itu sangat penting sekali karena intervensi peradaban barat dan peradaban negara lain itu sangat mendesak kita.”

Oleh karena itu, ayo kita mendukung penggunaan produk lokal Indonesia!



Hari ini: Alshiva mengandalkanmu

Alshiva D membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kementrian Perdagangan: Tekankan penggunaan produk dalam Negeri di Toko-Toko Indonesia!". Bergabunglah dengan Alshiva dan 185 pendukung lainnya hari ini.