Equal Employment Opportunity; Hentikan Diskriminasi dalam Lowongan Pekerjaan.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Persyaratan pekerjaan dengan mencantumkan usia, jenis kelamin dan status melanggar hak asasi manusia (vide Pasal 2 Universal Declaration of Human Rights: Prohibition of Discrimination dan asas Equal Employment Opportunity).

 
Selain itu hal tersebut juga melanggar pasal 28 (d) UUD 1945 (Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja...).

Dan Sila Kedua Pancasila, kemanusiaan yang adil dan beradab.

Sebetulnya, divisi Human Resources atau Personalia memegang peranan penting dalam mengatur hal ini.

Di dalam UU tenaga kerja pasal 46, diatur mengenai  larangan tenaga asing untuk meduduki jabatan Personalia, dengan misi yang jelas, yaitu untuk melindungi hak pekerja Indonesia.


Tapi sayang sekali justru pekerja HR yang seharusnya menjalankan mandat untuk melindungi hak hak pekerja ini, malah menjadi eksekutor pelanggaran melalui lowongan pekerjaan yang diskriminatif 


Pihak yang paling dirugikan tentu saja wanita,

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, di Jakarta saja ada sekitar 1.49 juta wanita yang memilih profesi untuk mengurus rumah tangga, dengan perbandingan hanya 0.06 juta laki laki berprofesi sebagai pengurus rumah tangga.

Untuk menjadi catatan, bahwa saat ini Indonesia menduduki peringkat pertama di sebagai negara dengan tingkat perceraian tertinggi se Asia Pasifik.

 
Bayangkan jika salah satu korban perceraian adalah wanita yang sudah meninggalkan karirnya dan saat perceraian itu terjadi dia berusia 32 tahun.

 
Bagaimana cara wanita tersebut dapat kembali mandiri jika pada kenyataannya banyak perusahaan yang bersikap diskriminatif seperti ini.

 
Melalui petisi ini kami berharap agar pemerintah bisa melakukan perubahan untuk menghentikan diskriminasi terhadap usia, jenis kelamin dan status, agar tercipta masa depan yang lebih baik untuk Wanita Indonesia.



Hari ini: Women mengandalkanmu

Women Makesimpact membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia: Equal Employment Opportunity; Hentikan Diskriminasi dalam Lowongan Pekerjaan.". Bergabunglah dengan Women dan 10 pendukung lainnya hari ini.