Membaca Pancasila Untuk Membangkitkan Nasionalisme Sebagai Dasar Berbangsa dan Bernegara

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Membaca Pancasila Setiap Minggu di Sekolah Untuk Membangkitkan Rasa Nasionalisme Sebagai Standar Berbangsa dan Bernegara


Pancasila patut siswa baca setiap minggu di sekolah, untuk membangkitkan rasa nasionalisme di setiap siswa. Sikap nasionalis seseorang berarti orang tersebut bangga dengan negaranya sendiri dan melakukan banyak hal untuk mewujudkan kesejahteraan bangsanya. Kebiasaan membaca pancasila bertujuan untuk mendidik para penerus bangsa dalam mengembangkan negara di masa yang akan datang. Seperti yang dikatakan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, “pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.” Kita perlu mendidik anak-anak bangsa untuk mengembangkan potensi mereka agar kemampuan mereka dapat membantu perkembangan negara.

Seiring berkembangnya globalisasi, rasa cinta kepada negara sendiri pun mulai hilang, khususnya dalam lingkup perkumpulan remaja. Anak-anak dan remaja merupakan target pemasaran utama dalam maraknya globalisasi dan semakin hari budaya sendiri mulai dilupakan. Dengan demikian, sifat nasionalisme yang seharusnya membara di kalangan remaja pun mulai pudar. Hal ini sangat membahayakan bagi masa depan Indonesia, anak muda yang seharusnya menjadi penerus bangsa pun mulai melupakan bangsanya sendiri, lalu siapa yang akan menjadi penerus bangsa jika anak muda mulai melupakan negara sendiri?

Hampir semua masyarakat Indonesia sepakat bahwa rasa nasionalisme khususnya di kalangan masyarakat muda sudah mulai pudar. Membaca pancasila setiap pagi di sekolah adalah salah satu bentuk dari penerapan upaya dalam membangkitkan rasa nasionalisme pada kalangan masyarakat muda Indonesia. Upaya ini dilakukan agar siswa memiliki keterikatan kolektif dengan esensi-esensi pancasila dan menghayati makna dari pancasila itu sendiri. Rasa nasionalisme memang merupakan faktor yang paling penting untuk kesatuan bangsa Indonesia, membaca pancasila secara rutin dapat membuat para siswa memaknai dan menjiwai pancasila dalam kehidupan mereka masing-masing serta siswa akan terlatih untuk berperilaku sesuai dengan standar dan ketentuan yang tertulis dalam pancasila, karena cara masyarakat berperilaku mencerminkan keseluruhan bangsa ini. Hendaknya masyarakat Indonesia memiliki keyakinan bahwa pancasila adalah tuntutan normatif yang kuat karena pancasila merupakan pedoman bagi hidup dalam berbangsa dan bernegara.

Selain dibaca, Pancasila layak dipahami maknanya sebagai ideologi. Dengan menjunjung tinggi Pancasila, anak muda dapat mulai mengembangkan paradigma yang merujuk kepada sifat nasionalis. Pancasila memiliki tujuan utama untuk membangkitkan masyarakat agar bisa bekerja sama memakmurkan bangsa selagi memandang satu sama lain dengan derajat yang setara. Dengan demikian, Pancasila dapat membantu anak muda untuk membangun pola pikir nasionalis, sehingga masa depan Indonesia bisa aman di tangan anak-anak muda yang menjunjung tinggi ideologi Pancasila.

Di zaman sekarang yang penuh dengan teknologi dan pengaruh budaya asing, nasionalisme sangat diperlukan. Pemuda-pemudi Indonesia butuh membangkitkan rasa bangga terhadap negaranya, karena mereka adalah penerus bangsa. Mereka butuh sikap nasionalis untuk memajukan kesejahteraan bangsa Indonesia, dengan cara membangun kebiasaan untuk membaca pancasila setiap minggu di sekolahnya. Jika kebiasaan tersebut ditanam dalam akal mereka, maka masa depan Indonesia akan berkembang.