Bantu biaya hidup kami pekerja seni yang berdampak akibat covid-19.

Reasons for signing

See why other supporters are signing, why this petition is important to them, and share your reason for signing (this will mean a lot to the starter of the petition).

Thanks for adding your voice.

Mark M Antonio
1 year ago
Saya pelaku seni/penyanyi

Thanks for adding your voice.

Thenmust Verry
1 year ago
Aku tanda tangan soale bapakku yo pekerja seni.

Thanks for adding your voice.

Sabar gulo Napitupulu
1 year ago
Kami adalah pekerja seni dan hiburan khususnya entertain yang meliputi Penyanyi, Pemain alat musik, Oporator sound sistem, Dancer, Penyedia sound sistem dan lighting di Bali-Indonesia.

Setiap hari kami senantiasa melayani tamu-tamu mulai turis lokal hingga turis mancanegara dari seluruh dunia yang datang ke Bali dengan segala talenta yang kami miliki dalam bermusik dan mendukung keseluruhan penampilan pertunjukan musik agar para tamu terhibur dan betah di Bali, setidaknya kami berusaha untuk mereka ingat dan kembali berkunjung kembali ke Bali, serta mereka yang menyaksikan pertunjukkan kami bisa bercerita kepada orang-orang dinegaranya dan didaerahnya betapa menariknya performa pertunjukkan pekerja seni di Bali.

Namun, sejak merambahnya wabah covid-19 melanda dunia dan sampai di Pulau Bali, kami selaku pekerja seni dan hiburan satu persatu di dihentikan pertunjukkan kami tanpa kepastian waktu akan beroperasi kembali. Dan 1 bulan terakhir adalah puncak dihentikannya seluruh pertunjukkan hiburan. Dengan demikian, terhenti pula pendapatan kami yang dibayar harian maupun bulanan oleh pengusaha yang bekerjasama dengan kami dalam pertunjukan hiburan. Dan perlu kami beritahukan bahwa 99% dari kami pekerja seni hiburan, menggantungkan hidup kami dan seluruh biaya keluarga kecil kami dari bermusik.
Pada saat ini, satu persatu bahkan hampir keseluruhan kami, menjerit kepayahan karena tabungan habis, biaya hidup tidak tau darimana bersumber lagi, biaya sekolah anak tidak ada, rumah sewa pun tidak bisa bayar dan pemilik rumah menagih, tidak memiliki uang membayar tagihan kredit sepeda motor, kredit alat musik untuk kami bekerja, biaya berobat keluarga yang sakit, persalinan dan sebagainya.

Yang memprihatinkan hidup kami lagi adalah kami tidak memiliki upah saat dirumahkan, tidak memiliki keringanan berobat dari perusahaan, tidak mendapatkan tunjangan apapun selain honor setiap melakukan pertunjukkan yang dibayar harian atau bulanan namun digaji sesuai dengan hari kerja per panggilan. Hanya itulah upah yang kami peroleh selama ini. Untuk itu kami mengharapkan bantuan dari siapapun termasuk pemerintah untuk perduli nasib dan kehidupan kami. Tolong kami.
Kami juga warga negara suatu negara dan juga warga dunia yang patut memperoleh perhatian yang sama seperti pekerja bidang lain diluar seni dan hiburan. Untuk itu kami menengadah tangan pada anda semua yang berkenan menolong kami dari kesulitan ekonomi saat ini. Tolonglah, berdonasilah pada kami.

Dilain hal, kami belum mendapatkan payung hukum yang semestinya, pekerjaan kami dilindungi hukum dan dikelola oleh pemerintah dan atau dikelola oleh instansi terkait yang ditunjuk oleh pemerintah. Kami tidak memiliki standar upah, sehingga perusahaan yang menggunakan jasa kami menghibur tidak punya acuan dalam memberi upah pada kami. Jadinya sunggugh ironis, karena pelamar yang terdesak kebutuhan bisa saja menerima tawaran upah murah dari perusahan yang membutuhkan jasa pekerja seni dan hiburan. Dan itu banyak terjadi. Dampak nya sangat buruk, yaitu pekerja seni dan hiburan (talent) yang lain yang sudah berpengalaman ditawar murah. Talent-talent yang miliki keunggulan dan berpengalaman menjadi kalah karena tidak ada standar upah yang resmi. Itulah keluh kesah kami hingfa saat ini.

Diakhir kalimat ini, kami menyampaikan berilah pertolongan pada kami dimasa sulit ini, berdonasilah pada kami, kami juga butuh perlindungan dan payung hukum yang jelas dan resmi serta harga upah standar yang ttrkoneksi nantinya kepada pemakai jasa kami selaku pekerja seni dan hiburan.

Kami menunggu uluran tangan, ide dan solusi terbaik anda. Tuhan memberkati kehidupan anda sebagai doa kami untuk anda dan doa kami untuk seluruh manusia dimuka bumi ini.

Salam hangat dan hormat dari kami.

Thanks for adding your voice.

Gusti Suantara
1 year ago
Sepatutnya rakyat dibantu olehnoemerintah

Thanks for adding your voice.

Erick Waluyo
1 year ago
I am friends of musician

Thanks for adding your voice.

flo wishnu
1 year ago
Saya jg seorang musisi

Thanks for adding your voice.

Lorenzo Naibaho
1 year ago
Saya adalah bagian dari musisi yang terkena dampaknya .

Thanks for adding your voice.

Jack Kangiras
1 year ago
Saya sudah jalani profesi musisi selama kurang lebih 20 tahun, ini masa tersulit yang saya alami..

Thanks for adding your voice.

diminished bill
1 year ago
Saya mendatangani Karena saya Setuju sebagai sesama musisi.

Thanks for adding your voice.

Heru Bento
1 year ago
Rasa prihatin yg mendalam. Pekerja seni.. Musik khusus nya. Untuk makan saja susah.. Karena sebelumnya hanya mengandalkan job di bar atau hotel dan tempat lain. Setelah tidak ada tamu, bar tutup, kita semua untuk makan saja susah