Bencana dan konflik di depan mata. STOP alih fungsi hutan Terbis dan Wates!!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Masihkah ada harapan? Sebelum semua terlambat?

Segala upaya penyelamatan Hutan Blok terbes dan Blok Wates sejak 2015 telah dilakukan mulai dari tingkat Bupati, Gubernur Jawa Tengah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sampai DPR RI.  Namun sampai detik ini tidak ada kemajuan, justru alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian semakin meluas. Upaya apalgi yang harus kami lakukan?

Secara administratif Blok Terbis dan Wates berada di Kabupaten Batang, Banjarnegara dan Pekalongan. Hutan Blok Terbis merupakan telaga yang terbentuk puluhan tahun silam (kaldera) yang terletak di Gunung Butak. Keberadaan kawasan Hutan Blok Terbis dan Wates memiliki manfaat yang sangat penting, antara lain: sebagai sumber resapan air utama bagi masyarakat di kecamatan Batur dan sekitarnya, menjaga keseimbangan hidrologi bagi kawasan Dataran Tinggi Dieng, menjaga dari berbagai bencana kekeringan, longsor, banjir bandang, sebagai pendingin aktivitas vulkanik kawah aktif disekitar Dieng, menjadi tempat tinggal flora dan fauna Dieng, sumber daerah aliran sungai (DAS) beberapa sungai seperti DAS Boyo, DAS Sambong di Kabupaten Batang dan DAS Serayu di Kabupaten Banjarnegara serta menjadi daerah penyangga yang sangat penting akan keberadaan dan ketersediaan air di cagar alam Telaga Dringo

Alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian melalui izin HPS yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan berdampak panjang, menimbulkan krisis ekonomi, sosial, lingkungan, bencana, konflik antar masyarakat dan ancaman penyakit akibat pencearan air oleh pestisida.

Laporan kerusakan, kronologi, dampak dan upaya penyelamatan dapat diunduh di link berikut http://bit.ly/LaporanKerusakanBlokTerbisWates

Yuk dukung petisi ini untuk menghindari bencana dan konflik yang lebih besar. Masihkah ada harapan? Sebelum semua terlambat?



Hari ini: Mamfaat mengandalkanmu

Mamfaat . membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "kementerian lingkungan hidup dan kehutanan: Bencana dan konflik di depan mata. STOP alih fungsi hutan Terbis dan Wates!!". Bergabunglah dengan Mamfaat dan 159 pendukung lainnya hari ini.