Operator Madrasah vs Emis Online

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


EMIS atau Education Management Information System, merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam.

Sejak Tahun Pelajaran 2017/2018, EMIS mulai berbasis Online, namun sayangnya tidak dibarengi dengan kemampuan server untuk menampung data layaknya seperti SIMPATIKA ataupun kemampuan sistem layaknya DAPODIK.

Emis yang seyogyanya menjadi wadah yang bagus dan efisien layaknya DAPODIK di Sekolah naungan Kemdikbud namun malah menjadi MOMOK yang hampir setiap semester selalu menghantui para operator madrasah. Di sisi lain, kendala kami sebagai operator adalah dari server itu sendiri, semacam project setengah matang yang dipaksakan namun tetap dirilis kehadirannya. 


Oleh karena itu, Kami Koordinator Pendataan Emis Kabupaten Tangerang Banten yang juga Insya Allah mewakili kawan kawan Operator Madrasah lain telah cukup bersabar mengerjakan data emis dengan segala masalahnya, namun semester ganjil 2018/2019 kami sudah benar-benar jengkel dan merasa didzalimi, untuk itu kami menyatakan :

1. Meminta Menteri Agama melalui Dirjen Pendis menyediakan Server Emis yang memadai yang bisa diakses secara nasional tanpa hambatan.

2. Jika Kementerian Agama tidak punya anggaran yang cukup untuk menyediakan server yang memadai, maka sebaiknya pendataan emis dilakukan secara offline, onlinenya hanya pada saat sinkron data saja.

3. Sebagian besar kami adalah honorer tidak tetap tapi bila diperlukan kami siap rereongan untuk membantu penyediaan server.

Kami tak pernah merasa masalah atau risih dengan kehadiran EMIS dalam platform Online, karena bagaimanapun juga kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang sudah serba Online. Namun jika permasalahan EMIS seperti ini tak pernah diselesaikan, bahkan seakan hanya dianggap sebelah mata oleh pihak yang berwenang. Yang pada akhirnya seolah-olah Operator Madrasah yang  gabecus kerja. Dan juga pasti berefek ke pengelolaan data Madrasah yang makin semrawut.

Akhir kata, Mau dibawa kemana nama Madrasah di negeri ini ?

 



Hari ini: Fadhlu mengandalkanmu

Fadhlu Tamam membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kementerian Agama Republik Indonesia: Operator Madrasah vs Emis Online". Bergabunglah dengan Fadhlu dan 69 pendukung lainnya hari ini.