Petition update

Ketua DPR RI Meminta Pemerintah Gratiskan Tes COVID-19

Wijatnika Ika
Jakarta, Indonesia

Mar 23, 2020 — 

Berharap mendapat akses untuk melakukan tes COVID-19 secara gratis ibarat mimpi di siang bolong. Meski pemerintah sudah melakukan rapid test COVID-19 sejak 20 Maret silam, tapi nggak semua masyarakat dapat mengaksesnya. Hanya masyarakat yang pernah berkontak dengan pasien COVID-19 yang bisa dites.

Nah, dari mana kita tahu siapa saja pasien COVID-19 yang sedang dalam perawatan? Jika kita nggak tahu identitas pasien, kita nggak akan pernah tahu bahwa kita pernak berkontak dengan yang bersangkutan atau tidak. 

Banyak masyarakat memilih untuk melakukan tes COVID-19 di sejumlah RS rujukan pemerintah. Tapi eits, biayanya mahal lho, hingga Rp. 700 ribu. Nggak semua kalangan mampu membayar. Buat bikin dapur ngepul, bayar kontrakan, bayar cicilan motor, dan biaya sehari-hari lainnya aja bingung. 

Nah, kondisi inilah yang membuat Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta kepada pemerintah untuk melakukan tes COVID-19 secara gratis kepada seluruh masyarakat. Puan mengatakan bahwa pemerintah bisa merealokasi anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 untuk penanganan virus corona atau Covid-19. 

Puan meminta anggaran tersebut dimanfaatkan untuk penambahan alat pelindung diri ( APD) untuk tenaga medis di rumah sakit, pengobatan pasien pasien Covid-19 secara gratis, pengadaan alat dan fasilitas screening tes massal secara gratis. Anggaran tersebut harus dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan fasilitas screening tes corona massal secara gratis, penambahan alat perlindungan diri bagi tenaga kesehatan, penambahan fasilitas rumah sakit, pengobatan pasien corona gratis, serta upaya-upaya menangkal penyebaran virus Corona. (*)

Nah, sebagai masyarakat kita harus mengawal sejauh mana komitmen pemerintah dalam memberikan akses tes COVID-19 secara gratis. 

 

 





Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.