Tingkatkan Kapasitas Testing dan Laboratorium Covid-19 di Indonesia!

Tingkatkan Kapasitas Testing dan Laboratorium Covid-19 di Indonesia!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.
Dengan 25.000 tanda tangan, petisi ini menjadi salah satu petisi paling banyak di tanda tangani di Change.org!

Pandemic Talks memulai petisi ini kepada Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan Republik Indonesia) dan

Udah pernah dengar 3T? Testing, tracing dan treatment, atau pengetesan, pelacakan dan perawatan. Tiga hal ini adalah upaya dasar yang harus dilakukan oleh sebuah negara untuk mengendalikan sebuah wabah, termasuk Covid-19.

Supaya Indonesia bisa tahu siapa aja yang terjangkit virus, WHO minta minimal 267 ribu orang Indonesia dites swab PCR per minggunya. Makin banyak yang dites, makin gampang juga buat pemerintah untuk isolasi mereka yang positif Covid-19. 

Sayangnya, berdasarkan laporan WHO di awal Desember kemarin, cuma 5 dari 34 provinsi di Indonesia yang berhasil memenuhi standar minimal testing dalam 3 minggu terakhir. 3 di antaranya ada di Pulau Jawa. Provinsi-provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, dan Kalimantan Timur.

Ketimpangan tes ini terjadi karena gak semua provinsi punya laboratorium yang cukup. Sulawesi Tenggara, misalnya, cuma punya satu lab untuk mengecek seluruh sampel tes Covid-19. Yogyakarta sekarang bakal membatasi penerimaan sampel Covid-19.

BNPB juga bilang, 60% laboratorium di luar Jawa sering terlambat memberikan data mengenai persebaran Covid-19 di daerah mereka. Inget kejadian kasus di Papua dan Jawa Tengah sehari naik sampai ribuan orang? Itu karena pemberian datanya terlambat.

Kalau banyak orang yang gak dites, kita gak bakal tahu gimana persebaran virus Covid-19. Akibatnya, sering kali daerah itu disebut sebagai zona hijau, orang-orang merasa aman, dan gak patuh protokol kesehatan. Padahal, bisa jadi zona hijau itu karena orang yang dites cuma sedikit.

Makanya, melalui petisi ini, kami ingin meminta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto serta para kepala daerah di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas testing Covid-19 di Indonesia. Peningkatan kapasitas ini gak cuma memperbanyak testing, tapi juga penambahan lab serta sumber daya manusia yang bisa mengeceknya.

Udah 9 bulan Indonesia terdampak pandemi Covid-19, tapi belum muncul tanda-tanda kalau pandemi sudah mulai terkontrol. Sambil menunggu vaksin, kita tetap harus menggencarkan testing Covid-19, supaya virus gak semakin menyebar.

Salam,


PandemicTalks 

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.
Dengan 25.000 tanda tangan, petisi ini menjadi salah satu petisi paling banyak di tanda tangani di Change.org!