Petition update

Satu Tahun Pandemi, Testing Tiap Provinsi Masih Medioker!

Pandemic Talks
Indonesia

May 6, 2021 — 

Pandemi sudah berjalan lebih dari satu tahun. Untuk membendung lonjakan kasus, Pak Menteri Kesehatan sudah mengakui kalau strategi 3T (testing, tracing dan treatment, atau pengetesan, pelacakan dan penyembuhan) adalah yang terbaik. 

Sayangnya, berdasarkan data selama 4 bulan ke belakang, angka orang yang dites per harinya cenderung mengalami penurunan. Angka tes kita sempat mencapai 71.000 orang dalam satu harinya 18 Februari 2021 yang lalu. Tapi setelah itu, rerata orang yang dites per hari hingga hari ini mandek di angka 40.000 tes per hari saja.

Ditambah lagi, kini rapid test antigen digunakan sebagai alat diagnostik. Angkanya pun tinggi, mencapai 45% dari seluruh tes yang dilakukan dalam satu hari. Padahal, tes antigen seharusnya jadi alat screening, bukan diagnosis. Tes PCR adalah standar baku emas untuk diagnosis COVID-19. 

Penurunan jumlah tes tersebut juga gak dibarengi dengan penurunan angka tingkat positif Covid-19. Standar WHO adalah 5%, tapi di Indonesia, angka tingkat positif Covid-19 adalah di kisaran 20% untuk tes PCR. Artinya, dari tiap 10 orang yang dites PCR, 2 orang terdeteksi positif COVID-19. 

Selain itu, ternyata proporsi tes di DKI Jakarta masih mendominasi. Berdasarkan laporan tanggal 28 April, proporsi orang yang dites di DKI Jakarta mencapai 60% dari keseluruhan orang yang dites di Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa bahkan dengan diterapkannya kebijakan penggunaan rapid test antigen, testing masih belum bisa dilakukan secara merata.  

Kondisi ini menunjukkan bahwa belum ada peningkatan signifikan dari upaya testing di Indonesia. Padahal, ini bisa semakin berbahaya, loh, karena menjelang libur nasional Hari Raya Idul Fitri, bisa jadi tetap terdapat lonjakan kasus meskipun mudik telah dilarang. 

Oleh karena itu, PandemicTalks kembali meminta kepada Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, dan juga Kementerian Kesehatan untuk:

  1. Memperbanyak kembali upaya testing terutama untuk kontak erat
  2. Mengevaluasi penggunaan rapid test antigen
  3. Membangun lab PCR dan memperbanyak tes PCR di daerah luar Pulau Jawa.

Sudah satu tahun pandemi berjalan. Sudah saatnya kita benar-benar menyelesaikannya, dan langkah pertama dan satu-satunya adalah dengan memperbaiki usaha 3T kita.

 


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.