Jangan biarkan Ada Korban Corona Selanjutnya! Desak Pemerintah RI Agar Segera Bertindak!

Jangan biarkan Ada Korban Corona Selanjutnya! Desak Pemerintah RI Agar Segera Bertindak!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!
Perhimpunan Muda PM memulai petisi ini kepada KEMENKES dan

Seiring dengan semakin luasnya penyebaran Virus Corona di seluruh penjuru dunia belakang ini, pada tanggal 2 Maret 2020 Presiden Joko Widodo mengumumkan setidaknya terdapat dua orang di Indonesia yang telah positif terjangkit Virus Corona. Informasi lebih lanjut mengkonfirmasi bahwa terduga terdampak Virus Corona merupakan WNI yang secara tidak sengaja berkontak dengan media yang terpapar virus di tempat umum. Terdampak tersebut merupakan seorang ibu berumur 64 tahun dan anaknya yang berumur 31 tahun yang tinggal di Depok. Sebelumnya, pemerintah kerap menyatakan bahwa Indonesia bebas dari Virus Corona dan tidak menemukan adanya tanda-tanda penyebaran virus tersebut di dalam negeri.

Terawan Agus Putranto selaku Menteri Kesehatan pun nampak tidak terlalu serius dalam menanggapi permasalahan ini. Dari beberapa pernyataannya di media massa, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto terlihat kurang menanggapi secara serius kejadian ini. Sehingga sampai sekarang tidak ada kepastian mengenai status Virus Corona di Indonesia, lalu terlambatnya sosialisasi informasi akurat mengenai COVID-19 dan kurangnya tindakan preventif, deteksi dan respons dari lembaga resmi negara jika merujuk kepada Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespons Wabah Penyakit, Pandemi Global, dan Kedaruratan Nuklir, Biologi, dan Kimia.

Tak hanya itu saja, akses warga terhadap masker dan produk kesehatan lain seperti hand sanitizer pun semakin berkurang. Jika ada, harganya pun melambung tinggi akibat penimbunan dan permainan harga yang dilakukan oleh oknum yang mencoba meraup keuntungan. Kami selaku warga negara Indonesia ingin mendesak pemerintah Republik Indonesia beserta instansi dan lembaganya untuk menilai serius dalam menangani penyebaran Virus Corona ini.

Maka dari itu kami menuntut:

1. Permudah pemerintahan provinsi dan daerah dalam mendapatkan akses alat kesehatan seperti alat tes pemeriksaan dan kebutuhan deteksi lainya.

2. Permudah akses hygene kit dan suplemen vitamin kepada masyarakat.

3. Melaksanakan kebijakan Operasi Pasar agar menjaga stabilitas dan pemerataan harga terkait bahan kebutuhan pokok dan keperluan lainya yang menunjang kesehatan publik agar bisa di akses oleh semua warga.

4. Bangun Komisi Kesehatan Publik yang terdiri dari berbagai lembaga penelitian kesehatan, lembaga pemerintah dan masyarakat sipil lainya sebagai lembaga yang mengelola data nasional, mengkordinasikan kebijakan kesehatan di daerah serta menjadi komisi yang dapat menjalankan fungsi preventif dan deteksi dalam masyarakat.

 

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!