Afirmasi Seadil-adilnya untuk Guru Honorer Peserta PPPK

Kemenangan

Afirmasi Seadil-adilnya untuk Guru Honorer Peserta PPPK

Petisi ini membuat perubahan dengan 100.098 pendukung!

Muhammad Irham memulai petisi ini kepada Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi) dan

Puluhan tahun mengabdi jadi guru honorer, terganjal hanya dengan kompetensi teknis yang carut marut. Mulai dari jadwal, model soal, dan sebagainya.

Padahal dulu mas Menteri Nadiem Makarim pernah bilang akan berikan kesempatan yang adil dan demokratis bagi semua guru honorer untuk bisa menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Tapi nyatanya, di lapangan tidak adil sama sekali. Banyak guru honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun bahkan puluhan tahun (Terutama usia kurang 35 tahun) terpaksa gagal karena tidak lulus nilai Tes Uji Kompetensi Teknis PPPK dan Tidak diberikan afirmasi seperti honorer 35+, K2, dan yang memiliki sertifikat Pendidik.

Padahal jika dihitung-hitung berdasarkan peraturan Menteri PANRB, seharusnya afirmasi Kompetensi Teknis yang telah ditetapkan bisa ditinjau ulang. Usulan kami perubahannya bisa menjadi:

  • Afirmasi kepada guru honorer yang sudah mengabdi (usia kurang 35 tahun) dan memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) harusnya diberikan poin sebesar minimal 10 - 30% tergantung lama mereka mengabdi. Hal ini penting mengingat tidak ada formasi guru CPNS pada tahun ini, terlebih berdasarkan wacana untuk tahun-tahun berikutnya.
  • Afirmasi kepada guru honorer mantan Kategori 2 yang mulanya 10% atau 50 poin ditambah menjadi 25% atau 125 poin.
  • Afirmasi kepada guru honorer Usia 35+ yang mulanya 15% atau 75 poin ditambah menjadi 30% atau 150 poin.

Kami sebagai guru honorer bukannya menolak mengikuti tes tersebut. Kami hanya ingin diberikan sedikit apresiasi atas pengabdian kami bertahun-tahun menjadi pengajar di sekolah. Saya cukup beruntung bisa melalui tes ini, tapi banyak teman-teman guru saya yang tidak lulus padahal sudah mengabdi puluhan tahun.

Inilah yang membuat saya, salah satu guru honorer membuat petisi ini kepada Menteri Pendidikan dan Menteri PANRB agar menambahkan masa kerja guru dan NUPTK sebagai afirmasi dalam Kompetensi Teknis PPPK.

Dukung petisi dan sebar tagar  #AfirmasiPPPKGuru2021 ya teman-teman. Saya yakin semakin sering kita suarakan, makan mas Menteri akan semakin tergugah dan mau mendengar kita. Demi kesejahteraan guru dan kemajuan pendidikan kita. 

Salam hormat,
Muhammad Irham (Guru Honorer Usia 34 tahun)

Kemenangan

Petisi ini membuat perubahan dengan 100.098 pendukung!