Wajibkan pemasangan dan pemeliharaan CCTV di tempat2 umum

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kasus penembakan Davidson Tantono di SPBU Daan Mogot menyadarkan kita akan pentingnya kehadiran sistem CCTV yang berfungsi baik di area publik. Polisi dalam artikel di Kompas menyebutkan bahwa CCTV di SPBU tersebut tidak berfungsi.

https://app.kompas.com/megapolitan/read/2017/06/09/20003421/polisi.sebut.kamera.cctv.di.spbu.daan.mogot.tidak.berfungsi

Sebagai anggota masyarakat, kita membutuhkan kehadiran CCTV di tempat2 umum sehingga bisa memenuhi fungsi berikut dari perspektif pengguna umum:

1. Fungsi deteren dari tindak kejahatan. Dengan kehadiran CCTV, penjahat kemungkinan akan berpikir berulang kali untuk melakukan aksinya.

2. Fungsi penyelidikan/forensik. Apabila tindak kejahatan telah terjadi, rekaman CCTV bisa memberikan rekaman yang akan membantu pihak berwenang dalam melakukan tindakan hukum.

Untuk itu kami mohon kepada Kapolri, Menkumham, dan Komisi 3 DPR RI agar dapat menginisiasi sebuah produk hukum yang mewajibkan pelaku usaha/pengelola tempat umum, untuk:

1. Menyediakan sistem CCTV (kamera dengan sistem perekam) di semua lokasi umum seperti pasar, SPBU, minimarket dll

2. Kamera harus memiliki resolusi yang memadai agar bisa membantu aparat dalam melakukan penyelidikan.

3. Perekam harus menyimpan minimal selama periode yang dibutuhkan oleh aparat hukum (contoh: 1 bulan).

4. Pencahayaan di area yang diliput oleh kamera CCTV harus memadai terutama pada malam hari, agar kamera dapat merekam secara optimal.

5. Pengelola tempat umum harus bertanggungjawab memastikan bahwa poin2 di atas dapat dipenuhi dengan baik. Kelalaian untuk menjalankan ketentuan ini dapat dikenai sanksi yang ditentukan oleh pemerintah.

Dengan adanya produk hukum ini, diharapkan semua pihak dapat mendapatkan manfaatnya. Kita tidak pernah tahu kapan tindak kejahatan menimpa kita, anggota keluarga kita, atau teman2 kita. Dengan adanya sistem CCTV ini, minimal potensi terjadinya tindakan kejahatan bisa diperkecil, dan apabila memang masih terjadi maka pelakunya bisa lebih cepat tertangkap.

 

 

 

 



Hari ini: Andreas mengandalkanmu

Andreas Mulianto membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kapolri Tito Karnavian: Wajibkan pemasangan dan pemeliharaan CCTV di tempat2 umum". Bergabunglah dengan Andreas dan 16 pendukung lainnya hari ini.