Tertibkan perburuan ilegal terhadap satwa liar

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Sering kita jumpai kegiatan perburuan satwa liar yang dilakukan secara illegal di hampir seluruh daerah di Indonesia. Kegiatan tersebut tentunya berpengaruh negatif terhadap kelestarian satwa liar yang ada di Indonesia. Dan yang pasti, kegiatan tersebut melanggar Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 1994 Tentang Perburuan Satwa Buru.

Di mana dalam Peraturan Pemerintah tersebut disebutkan :

1. Tempat berburu adalah tempat yang telah ditetapkan sebagai, Taman Buru, Areal Buru dan Kebun Buru. Jadi, perburuan tidak dibenarkan dilakukan di sembarang tempat.

2. Kegiatan berburu hanya dapat dilakukan pada saat musim berburu yang ditetapkan berdasarkan, keadaan populasi jenis satwa, musim kawin, musim beranak/bertelur, perbandingan jantan betina dan umur satwa buru. Jadi kegiatan berburu tidak bisa dilakukan setiap saat.

3. Jumlah satwa buru di tempat berburu ditetapkan berdasarkan keadaan populasi dan laju pertumbuhan.

4. Pemburu wajib memiliki akta buru yang terdiri dari, Akta Buru Burung, Akta Buru Satwa Kecil dan Akta Buru Satwa Besar. Akta diperoleh setelah pemburu lulus ujian yang diselenggarakan oleh Polri dan pihak dari KLHK.

5. Kegiatan perburuan hanya dapat dilakukan setelah pemburu mendapat surat izin berburu yang diperoleh dengan syarat, pemburu harus memiliki akta buru dan membayar pungutan izin berburu. Isi dari surat izin berburu meliputi, alat yang digunakan untuk berburu, tempat berburu dan jumlah satwa yang boleh diburu.

Peraturan Pemerintah yang sudah ada sejak tahun 1994 sebenarnya sudah cukup baik untuk dapat mengontrol kegiatan berburu yang ada di Indonesia. Demi mewujudkan pemanfaatan yang lestari sesuai yang terkandung dalam UU No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Tapi entah kenapa pengawasan dan penerapan terhadap Peraturan Pemerintah Tentang Perburuan Satwa Buru ini masih jauh dari harapan kita semua. Sehingga masih sangat sering kita jumpai pemburu ilegal berkeliaran merusak kelestarian satwa liar kita.

Untuk itu kami sangat berharap agar kegiatan perburuan ilegal dan penggunaan senapan angin benar-benar ditertibkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.