Gagal berangkat ke tanah suci 5000 calon jamaah haji dan umrah tuntut keadilan

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


5000 calon jamaah haji dan umroh Global Insani terancam gagal berangkat ke tanah suci. Dana haji/umroh mereka ditilep perusahaan investasi bodong Surabraja Mandiri yang bermarkas di Cirebon. Kerugian ditaksir Rp 100 miliar.

Sudah hampir 2 tahun mereka berjuang menuntut keadilan, namun masih belum membuahkan hasil. Mereka sudah melaporkan kasus penipuan umrah dan haji berkedok investasi ini ke polisi, namun sepertinya tidak serius ditangani. Para pelaku seakan tak tersentuh hukum. 

Tahun 2017 lalu kasusnya dilimpahkan ke Polda Jabar karena alasan korbannya tersebar di sejumlah kabupaten di Jabar. Setelah menunggu sekian lama para jamaah pun menunggu penuh harap hasil penyelidikan polda yang sudah memintai keterangan dari belasan korban dan saksi-saksi.

Setelah sekian lama menunggu Polda ternyata kembali melimpahkan kasus ini ke Polres Cirebon dan Polres memulainya kembali dari nol. Ada apa? 

Sementara kasus yang sama yang belakangan mencuat justru sudah maju ke meja hijau bahkan beberapa diantaranya sudah divonis. Sebut saja Bos first travel Andika yang sudah divonis 20 tahun bersama istrrinya, Annisa divonis 19 tahun. Bos Abu Tour didakwa 20 tahun penjara dan nos Travel SBL yang juga didakwa 20 tahun penjara.

Bos-bos Surabraja Mandiri/Global Insani yang kasusnya mencuat lebih dahulu bisa lenggang kangkung. Bahkan mereka kini tambah kaya karena uang yang dikupulkan dari ribuan jamaah diduga digunakan untuk membiayai bisnis keluarga/kelompok mereka.  Usaha keluarga mereka kini tambah maju sementara ribuan jamaah dibiarkan terlantar. Saat inilah kehadiran negara dibutuhkan. Saatnya keadilan ditegakkan.

Para jamaah berharap Mabes Polri mengambil alih kasus ini karena Polda dan Polres diduga telah terkontaminasi.  

 



Hari ini: Ibnu mengandalkanmu

Ibnu Saechu membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kapolri: Gagal berangkat ke tanah suci 5000 jamaah haji dan umrah tuntut keadilan". Bergabunglah dengan Ibnu dan 62 pendukung lainnya hari ini.