Petisi ditutup

USUT DAN TINDAK LANJUTI KETUA KPU DKI SUMARNO

Petisi ini mencapai 5.501 pendukung


Ketidak netral an sudah tampak ketika Sumarno memasang foto aksi 212 sebagai profil foto "Whatsapp" nya. Aksi yang berbau politis dan di organisir oleh ormas FPI yang terang- terangan memberikan dukungannya kepada Anies-Sandi yang mencalonkan diri di PILGUB DKI 2017.

15 Februari 2017, banyak masyarakat di beberapa daerah di Jakarta yang memviralkan ketidakadilan ketika mereka tidak bisa menyuarakan hak konstitusionalnya ketika PILKADA serentak kemarin. Terekam di video , di sosial media dsb. Banyak daerah di Jakarta Barat dan Utara khususnya yang pemilih nya dipersulit dengan alasan alasan dan diulur- ulur sehingga akhirnya tidak bisa mencoblos. Ditengarai daerah daerah tersebut adalah daerah mayoritas pendukung Ahok- Djarot.

4 Maret 2017 bertepatan dengan rapat pleno KPU DKI yang diselenggarakan di Hotel Borobudur yang dijadwalkan pada pukul 19.30 WIB. Pasangan Ahok- Djarot akhirnya "walk out" atau meninggalkan acara karena acara tidak kunjung dimulai sampai pukul 20.00 WIB. Dimana profesionalitas KPU DKI sebagai penyelenggara acara? Sumarno, ketua KPU DKI meluruskan bahwa mereka tidak mengetahui bahwa pasangan Ahok-Djarot sudah tiba di lokasi. Akhirnya acara baru dimulai pukul 20.15 WIB. Jika dinalar menggunakan logika, apa mungkin penyelenggara acara dan tim/ panitia tidak mengkomunikasikan/ saling mengkoordinir ketika undangan utamanya tiba melalui pintu utama dan terlebih acara ini disiarkan LIVE di Kompas TV. 

Rentetan peristiwa janggal ini memperkuat dugaan keberpihakan dan ketidak netral an ketua KPU DKI, Sumarno dan banyak masyarakat yang sangat berharap ini dapat ditindaklanjuti secara profesional oleh DKPP karena akan amat disyangkan apabila nanti terjadi hal -hal / masalah- masalah seperti di PILKADA DKI putaran ke2 seperti yang sudah terjadi di Putaran ke 1. Mengingat Sumarno yang menjabat KETUA KPU DKI seharusnya 100% NETRAL pada kedua paslon dan menjaga profesionalitas dan etika sebagaimana selayaknya.



Hari ini: ACK mengandalkanmu

ACK xx membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Jokowi: USUT DAN TINDAK LANJUTI KETUA KPU DKI SUMARNO". Bergabunglah dengan ACK dan 5.500 pendukung lainnya hari ini.