Pak Jokowi, Tolong Bu Hasnian yg Sudah Menjadi Guru Honorer Selama 30 Tahun

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kepada Pak Presiden Jokowi,

Di Kabupaten Aceh tengah ada seorang guru honorer bernama Ibu Hasnian. Beliau sudah mendedikasikan 30 tahun dari hidupnya sebagai pengajar di sebuah taman kanak-kanak. Sebagai guru honorer dengan gaji pas-pasan, beliau hidup menjanda dengan berkekurangan bersama 3 orang anaknya di sebuah rumah kontrakan sederhana.

Saat ini di usianya yang menginjak 52 tahun, penglihatan beliau menjadi buruk. Beliau kehilangan penglihatan di salah satu matanya akibat suatu penyakit yang dinamakan retina ablasio, dimana syaraf matanya menjadi rusak. Saat ini beliau hanya dapat melihat menggunakan satu matanya yang juga melemah akibat katarak.

Di tahun 2005, ibu Hasnian mengikuti seleksi pengangkatan PNS dari jalur honorer dan dinyatakan lulus. Namun, pada saat beliau meminta surat keputusan kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah Aceh Tengah di tahun itu, beliau dimintai ‘uang sogok’ senilai puluhan juta. Tetapi dikarenakan beliau tidak dapat memenuhi permintaan tersebut Ibu Hasnian tidak menerima SKnya.

Kemudian di tahun 2013, Ibu Hasnian mengikuti kembali ujian tes seleksi CPNS dan kembali dinyatakan lulus. Namun, seperti sebelumnya beliau tidak menerima SK pegawai negerinya. Kali ini, alasan yang diberikan adalah bahwa berkas kelulusan Ibu Hasnian dinyatakan hilang karena ‘tercecer’ oleh pegawai BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Aceh sendiri. Hingga tahun 2019, Bu Hasnian tidak juga mendapatkan SK pengangkatan pegawai negrinya. Belajar dari beberapa kejadian ini, kemungkinan besar telah terjadi kecurangan dan ketidakadlian terhadap bu hasnian oleh BKD Aceh Tengah dan Badan kepegawaian nasional atas SK Bu Hasnian.

Pak Jokowi, menimbang kondisi dan dedikasi yang telah diberikan Bu Hasnian terhadap dunia pendidikan, kami berharap beliau mendapatkan apa yang sudah menjadi haknya yaitu untuk diangkat menjadi pegawai negri. Serta melihat keterbatasan fisik dan keadaan ekonomi yang dimiliki beliau, selayaknya pemerintah memberi perhatian dan kepedulian terhadap nasib Bu Hasnian.

Maka melalui petisi ini, kami berharap Pak Jokowi akan mengangkat Ibu Hasnian menjadi pegawai negri secepatnya. Harapan Ibu Hasnian cukup sederhana, beliau hanya ingin nasib beliau dan ketiga anaknya menjadi jelas dan mendapat perhatian dari pemerintah. Mengingat umur beliau, kami berharap solusi ini akan menjadi kenyataan selama beliau masih hidup. Pak Jokowi, jangan sampai SK pegawai negri Ibu Hasnian keluar setelah beliau meninggal karena hal tersebut pernah terjadi sebelumnya terhadap guru honorer lain.

Kami mengajak teman-teman menandatangani dan menyebarkan petisi ini agar Ibu Hasnian dapat tertolong dan terselamatkan.



Hari ini: Sikdam mengandalkanmu

Sikdam Hasim Gayo membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Jokowi: Pak Jokowi, Tolong Bu Hasnian yg Sudah Menjadi Guru Honorer Selama 30 Tahun". Bergabunglah dengan Sikdam dan 31 pendukung lainnya hari ini.