Masukkan Materi Bantuan Hidup Dasar (BHD) ke dalam Kurikulum Wajib SMP/SMA

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Beberapa hari terakhir kita digemparkan dengan meninggalnya salah satu artis yang diduga berat karena serangan jantung. Sebelumnya sempat menarik perhatian publik tentang video penyelamatan anak yang tenggelam dengan cara di balik kaki di atas kepala di bawah dan dinaik turunkan. Beberapa minggu sebelumnya video viral tentang pertolongan pertama pasien dengan penurunan kesadaran, entah karena serangan jantung ataupun stroke, dengan cara menepuk-nepuk tangan dari ujung ke pangkal.

Berbicara diluar takdir kematian, pertolongan yang cepat dan tepat akan menjadi kunci akan keselamatan dan kesembuhan pasien/korban. Untuk itu, pertolongan pertama pada kegawatan terutama henti jantung sangat penting dikuasai bahkan oleh orang awam sekalipun, terutama bagi mereka yang berada dekat dengan orang yang memiliki faktor risiko. Setiap detik sangatlah berharga!

Beberapa instansi RS pernah mengadakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau dikenal juga dengan Basic Life Support (BLS) bagi awam terbuka maupun bekerjasama dengan dinas dan sekolah dan hal ini harus diteruskan serta dimasifkan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan awam mengenai BLS, saya, Mega Elisa Hasyim dan Alin Julda Qonita mengajak teman-teman semua untuk menyuarakan kepada Presiden, Menteri KementerianKementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Kesehatan RI dan seluruh pihak yang terkait untuk menyusun kurikulum tentang BLS dan menjadikannya kedalam pembelajaran wajib di SMP/SMA.

#BantuanHidupDasar #BasicLifeSupport #SelamatkanJantung