Indonesia bukan tempat sampah dunia!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.000.

Bulantrisna Djelantik
Bulantrisna Djelantik menandatangani petisi ini

Tau nggak kalau ada 43 negara di dunia yang buang sampahnya ke Indonesia

Negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Inggris, Selandia Baru, dan Korea Selatan mengekspor sampahnya ke Indonesia, terutama Jawa Timur.

Sebenarnya, dalam perjanjian ekspor sampah itu, hanya koran atau kertas bekas saja yang dikirim. Tetapi faktanya, ternyata mereka diam-diam memasukkan sampah plastik dan sampah domestik di dalam tumpukan kertas bekas itu. Jumlahnya 40% dari total sampah yang dikirim!

Setelah melakukan brand audit, kami temukan jenis sampah seperti kemasan deterjen, kemasan sabun atau shampo, kemasan makanan, popok bekas, bekas pembalut, botol minuman, dan sebagainya. Sampah-sampah itu mengandung zat berbahaya yang bisa mengkontaminasi lingkungan kita.

Sampah domestik itu akhirnya dibuang ke sungai dan laut oleh industri kertas karena mereka tidak bisa mengolah sampahnya. Sampah-sampah dari negara lain itu akhirnya mencemari air dan udara kita!

Pada tahun 2018, data dari BPS menunjukkan adanya peningkatan impor kertas bekas yang tercampur sampah plastik sebesar 283.152 ton. Angka ini merupakan puncak tertinggi impor sampah plastik selama 10 tahun terakhir, di mana pada 2013 impor sampah plastik Indonesia sekitar 124.433 ton.

Kok bisa mereka kirim sampah ke Indonesia? Sebab utamanya karena China, yang dulu jadi negara tujuan ekspor sampah, sudah menghentikan terima impor sampah sejak tahun 2018.

Gimana perasaan kalian kalau negara yang kalian cintai ini malah jadi tempat sampah negara lain? Apalagi menurut UU Pengelolaan Sampah, mengirimkan sampah domestik ke Indonesia adalah tindakan terlarang!

Maka melalui petisi ini kami menuntut Presiden Joko Widodo untuk SEGERA menghentikan sepenuhnya kegiatan impor sampah plastik yang terjadi di Indonesia.

Kami membutuhkan dukunganmu untuk menandatangani dan menyebarkan petisi ini. Karena dengan semakin banyak dukungan, maka semakin banyak pula yang mendorong pemerintah untuk segera tegas membebaskan negara tercinta Indonesia dari sampah-sampah negara asing! #IndonesiaNotRecycleBin