@jokowi Bentuk Komite Pemulihan Isu Lingkungan Hidup untuk Cegah Pandemi Lagi!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Jalan satu tahun pandemi covid-19 di Indonesia, pemerintah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) untuk tangani dan pulihkan ekonomi Indonesia.

Dana yang dialokasikan nggak main-main. 695,2 Triliun rupiah!

Saat ekonomi Indonesia terus didorong dan jadi perhatian utama, sepertinya ada yang luput dari program pemulihan ini. Lingkungan hidup.

Pandemi Covid-19 dan 70 persen penyakit manusia lainnya ditularkan dari hewan liar ke manusia (zoonosis). Menurut riset dari jurnal Proceedings of Royal Society, kerusakan lingkungan seperti deforestasi, perusakan keanekaragaman hayati, dan perburuan ilegal (eksploitasi) satwa liar adalah faktor penyebab berlimpahnya wabah zoonosis.

Ada 140 virus yang sudah ditularkan berasal dari hewan yang masuk dalam daftar Merah Spesies Terancam Punah dari komunitas konservasi internasional IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Jadi, pemulihan lingkungan hidup justru adalah cara untuk atasi pandemi Covid-19 dan cegah wabah baru yang bisa mengancam kesehatan masyarakat

Karena itu, melalui petisi ini saya minta Presiden Jokowi untuk bentuk Komite Pemulihan Lingkungan Hidup yang berfokus pada pemulihan lingkungan.

Sebagian dari alokasi Rp 695,2 Triliun KPC-PEN bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan lingkungan hidup dan perbaikan tata kelola LHK seperti peninjauan izin korporasi yang menguasai jutaan hektar hutan, tanah dan gambut, serta merealisasikan ruang kelola masyarakat berbentuk perhutanan sosial.

Pemulihan lingkungan hidup yang terfokus akan mengurangi laju deforestasi dan kemungkinan terjadinya pandemi akibat zoonosis di masa depan. Nggak mau kan ada pandemi lagi 2-3 tahun kedepan?

Untuk itu saya meminta dukungan dari teman-teman untuk ikut tanda tangan dan sebarkan petisi ini di kanal media sosial masing-masing.

 

Salam

Aldo