Petisi ditutup

Ubah sistem belajar di sekolah untuk praktek nyata di lingkungan,bukan hanya berteori saja

Petisi ini mencapai 15 pendukung


Saya masih muda, namun saya memperhatikan dari tahun ke tahun sistem belajar di sekolah terlalu fokus akan belajar "teori". Sedikit sekali pembelajaran yang fokus akan praktek di kehidupan nyata. Contoh 1 hal saja, yaitu tentang pentingnya menjaga lingkungan. Setiap jenjang pendidikan pasti mengajarkan akan pentingnya menjaga lingkungan. Semua orang "tau" jika membuang sampah harus pada tempatnya. Semua orang "tau" jika jangan membuang limbah sembarangan. Semua orang tau banyak hal tentang bagaimana cara menjaga lingkungan, namun tidak semua orang sadar dan bergerak merealisasikan hal-hal yang mereka ketahui untuk lingkungannya. Padahal dari awal kita masuk sekolah hingga lulus menuju ke dunia kerja, kita diajarkan bagaimana cara menjaga lingkungan dan apa dampaknya bila lingkungan rusak, namun mengapa tidak semua orang bahkan hanya sedikit saja yang "sadar dan bergerak untuk merealisasikannya di lingkungan", mengapa?

Dari kecil sistem pendidikan kita terlalu fokus akan pengetahuan dan teori, namun kurang pada aspek praktek nyata di kehidupan nyata. "Jika semua orang hanya bisa berteori dan sedikit yang bisa praktek nyata maka penerus bangsa hanya akan menjadi orang yang pandai beretorika namun kosong aksi". Saya sebagai satu diantara kaum pemuda bangsa ini, ingin Bangsa Indonesia tetap memiliki generasi yang luas pengetahuannya dan nyata aksinya.

Sebab itu, saya meminta perhatian dan aksi nyata Bapak Jokowi. Saya meminta perhatian dan aksi Bapak Ibu jajaran menteri dan Bapak Ibu yang memimpin setiap daerah. Untuk yang terakhir dan sangat saya harapkan, saya meminta bantuan, perhatian, serta aksi teman semuanya yang peduli akan masa depan lingkungan, masa depan penerus kita, dan masa depan Bangsa Indonesia. Agar bersama-sama untuk merubah sistem pendidikan yang terlalu fokus akan teori itu, menjadi sistem pendidikan yang lebih seimbang dimana anak-anak atau pemuda-pemudi juga diajarkan untuk memberi praktek-praktek nyata di lingkunganya agar menjadi suatu kebiasaan dan menambah pengalaman hidup bersosial di masyarakat.

Mungkin keresahan yang saya sampaikan ini juga teman semua rasakan. Sebab itu, saya yakin teman semua ingin merubah sistem pendidikan yang terlalu fokus akan teori dan sedikit aksi nyata. Kita semua pasti ingin bangsa kita tercinta, Bangsa Indonesia agar menjadi bangsa yang mempunyai penerus bangsa yang berani bertindak dan memiliki pengetahuan yang luas. Jika kita bersama, kita pasti bisa tuntaskan keresahan ini. Terima kasih. Mari kita wujudkan untuk Bangsa Indonesia yang lebih baik !



Hari ini: Pemuda Bangsa Indonesia mengandalkanmu

Pemuda Bangsa Indonesia membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Ubah sistem belajar di sekolah untuk praktek nyata di lingkungan,bukan hanya berteori saja". Bergabunglah dengan Pemuda Bangsa Indonesia dan 14 pendukung lainnya hari ini.