Ubah istilah 'Rumah Sakit' menjadi 'Rumah Sehat'

Ubah istilah 'Rumah Sakit' menjadi 'Rumah Sehat'

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!

Ubah istilah 'RUMAH SAKIT' menjadi 'RUMAH SEHAT'

 

Masa pandemi ini menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan masyarakat, terlebih lagi dengan fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh negara Indonesia yang masih belum bisa menampung dan melayani ratusan bahkan ribuan orang pasien pandemi covid-19, walaupun di negara lain juga tidak bisa menampung peningkatan jumlah pasien corona ini tapi setidaknya kualitas pelayanan dan peralatan medis sangat berbeda. 

Rumah Sakit saat ini menjadi fasilitas kesehatan umum tingkat tertinggi di Indonesia, namun ada kejanggalan atas istilah 'Rumah Sakit' karena menimbulkan efek psikologis bahwa fasilitas kesehatan ini identik dengan stigma negatif, mestinya ketika sakit orang harus mau masuk rumah sakit untuk menjadi sehat. Orang awam tidak mau masuk Rumah Sakit karena membayangkan kondisi bangunan, pelayanan petugas kesehatan bahkan sampai ada perasaan takut. 

Di Amerika Serikat atau Inggris, Fasilitas atau institusi kesehatan umum tingkat tertinggi disebut Hospital, dengan asal kata hospitality atau keramahan. Tapi Indonesia membuat nama institusi tersebut dengan nama 'Rumah Sakit' atau Sick house / House of sickness, yang sangat bertolak belakang dengan tujuan institusi untuk membuat orang menjadi sehat. 

Saya mengajak anda untuk berpartisipasi mendukung perubahan istilah 'Rumah Sakit' menjadi 'Rumah Sehat' atau istilah lain yang lebih memiliki kesan dan semangat positif. Untuk menunjang peningkatan kualitas layanan kesehatan di Negara Republik Indonesia. Perubahan istilah ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang saat ini memiliki wewenang tertinggi di negara kita. 

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.
Dengan 100 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!