UBAH BATAS MAKSIMAL USIA PELAMAR CPNS DOSEN MENJADI LEBIH DARI 35 TAHUN

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Kisah Pejuang CPNS.

CPNS masih menjadi idola bagi masyarakat Indonesia sebagai salah satu cara untuk mengabdikan diri kepada Nusantara tercinta. Pelaksanaan CPNS 2018 bisa dibilang cukup menarik perhatian dibandingkan tahun sebelumnya dikarenakan adanya perubahan-perubahan peraturan yang diterapkan, diantaranya : perubahan mengenai syarat pendaftaran yang dilakukan saat durasi waktu pendaftaran berlangsung sehingga membuat pendaftar yang sudah melakukan pendaftaran di awal menjadi kebingungan dengan perubahan ketentuan yang terjadi, perubahan jadwal pelaksanaan perekrutan dan seleksi cpns itu sendiri, sampai pada perubahan aturan yang dikeluarkan setelah pelaksanaan tes CPNS (CAT SKD) berlangsung melalui Peraturan Menpan-RB nomor 61 tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2018. Keputusan ini tentu sudah melalui pertimbangan yang cukup matang oleh pihak yang berwenang.

Namun di balik itu semua tentu ada pihak yang merasa diuntungkan, dan ada pula pihak yang merasa dirugikan. Sangat berbeda jauh dengan peraturan yang dijalankan dengan mutlak pada tahun sebelumnya (2017) tentang penentuan peserta lolos SKD. Bahkan sampai pengumuman final diumumkan masih ada beberapa pihak yang merasa dirugikan karena merasa SKB yang diselenggarakan terkhusus untuk profesi dosen di lingkungan kemenristekdikti dinilai kurang objektif.

Namun di balik fenomena yang terjadi pada pelaksanaan CPNS 2018, saya sangat berharap kepada MenPAN-RB, Menristekdikti, dan Pak Presiden untuk meninjau kembali syarat pelamar CPNS bagi dosen terutama syarat Usia agar batas maksimal usia bisa lebih dari 35 tahun. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk menempuh studi S2 maupun S3 tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Dengan adanya ketentuan batasan maksimal usia pelamar CPNS Dosen di atas 35 tahun akan memberikan kesempatan yang luas bagi para lulusan S2 dan S3 untuk mengabdikan diri sebagai dosen. semoga Perekrutan CPNS yang akan datang khususnya untuk dosen bisa diikuti oleh warga negara indonesia yang usianya sudah di atas 35 tahun.