Tuntaskan Penyelewengan Dana dari Mahasiswa di Politeknik Negeri Medan

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Banyak sekali yang mengadu; menceritakan; dan bahkan sampai ke berita Sumatera Utara yang mengatakan bahwa adanya penyelewengan dana atau korupsi yang dilakukan di Politeknik Negeri Medan. 

Pertama, pada tahun 2013 - 2017 dilakukan pengutipan Sumbangan Peningkatan Mutu (SPM) sebesar Rp4.000.000,-/mahasiswa. Namun ketika tahun 2018, Sumbangan Peningkatan Mutu (SPM) ditiadakan. Sehingga terjadilah demo yang dilakukan oleh mahasiswa/i menuntut agar uang SPM mereka dikembalikan. 

Menurut Berita Sumut pada 26 Januari 2018, kasus sudah sampai ke pihak DPRD Sumut, tetapi mengapa sampai saat ini kasusnya belum tuntas juga dan tidak ada tindak lanjut mengenai pengembalian SPM?

Dari penelitian dan penulusuran yang dilakukan, pengutipan dana SPM adalah hal yang bertentangan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 55 Tahun 2013 Tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kemendikbud.

Lebih jelasnya pada Pasal 5 yang berbunyi, "Perguruan Tinggi Negeri tidak boleh memungut uang pangkal dan pungutan lain dst..."

Kedua, adanya pengutipan uang buku (tidak semua jurusan) yang setiap semesternya berbeda harganya. Pada semester 2 jurusan Teknik Komputer Internasional, uang buku dikenai sebesar Rp3.500.000,-. Lalu, pada semester 3, uang buku dikenai sebesar Rp5.000.000,-. Dan anehnya, uang buku ini ditransfer ke rekening salah satu dosen di jurusan tersebut. Setelah bermasalah, Politeknik Negeri Medan akhirnya membuat rekening secara umum. Sehingga pembayaran akan ditujukan ke rekening a.n. Politeknik Negeri Medan.

Ketiga, kompensasi. Kompensasi di Politeknik Negeri Medan adalah suatu denda yang harus dibayar oleh mahasiswa/i ketika terlambat masuk perkuliahan. Biaya dendanya pun akan dikali lipat. Dan uang kompensasi itu mahasiswa/i tidak tahu tujuannya kemana jika sudah dikumpul ke pihak administrasi setiap jurusan

Masalah ini harus diberi tindakan secepatnya! Karena untuk mengeluarkan biaya sebesar itu, orang tua mahasiswa/i telah berupaya keras! 

Kalau kamu ingin Indonesia lebih baik lagi kedepannya dengan orang-orang yang bekerja disekitarmu dengan jujur: Langkah sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menandatangani dan menyebarkan petisi ini! Terima kasih. 



Hari ini: Ny mengandalkanmu

Ny __ membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Tuntaskan Penyelewengan Dana dari Mahasiswa di Politeknik Negeri Medan". Bergabunglah dengan Ny dan 41 pendukung lainnya hari ini.