Tol Trans Sumatera Terbangi Besar s.d Pematang Panggang, Harus Di Periksa KPK

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Kepada Yth,
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
H. IR. Joko Widodo
Jl. Medan Merdeka Utara- Jakarta 10160
Di tempat


Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : GUS'AT Bin TAYIB.,NIK : 1805023108650002.,Tempat Tgl Lahir : Menggala, 18 Agustus 1965. Pekerjaan : BuruhTani/Pekebun. Alamat : Jl. II LK LINGAI, Kelurahan.Menggala Tengah, Kecamatan. Menggala Kabupaten. Tulang Bawang.

Nama : HASANUDIN Bin TAYIB. N I K :1805021906710001, Tempat Tgl Lahir : Menggala 19 Juni 1971, Pekerjaan : BuruhTani/Pekebun, Alamat : Jl. 4 Ujung Gunung Ilir, Kelurahan. Ujung Gunung, Kecamatan. Menggala, Kabupaten. Tulang Bawang.

Nama : ANTONI Bin TAYIB. N I K : 180502075790004, Tempat Tgl Lahir : Menggala7 Mei 1973
Pekerjaan : BuruhTani/Pekebun, Alamat : Jl. 5 Ujung Gunung Ilir, Kelurahan. Ujung GunungIlir, Kecamatan.Menggala, Kabupaten.Tulang Bawang

Nama : HILWAN Bin YUSUF. N I K : 1805022009680004, Tempat Tgl Lahir: Menggala 20 September 1968, Pekerjaan : BuruhTani/Pekebun, Alamat : Jl. 4 LIRA No. 892, Kelurahan. Menggala Tengah, Kecamatan. Menggala Kabupaten. Tulang Bawang.

Nama : RIDUANSYAH Bin IDRIS DALEM NIHAN. N I K : 1805021708750012, Tempat Tgl Lahir :
Menggala17 Agustus 1975, Pekerjaan : Nelayan/Perikanan, Alamat : Jl. IV LK Lingai, Kelurahan. Menggala Tengah, KecamatanMenggala KabupatenTulangBawang

Nama : SUHARDI Bin HUSIN., N I K : 1805020411730005, Tempat Tgl Lahir : Menggala, 4 November 1973, Pekerjaan : BuruhTani/Pekebun, Alamat : Jl. 4 LIRA, Kelurahan. Menggala Tengah, Kecamatan. Menggala , Kabupaten.Tulang Bawang.

Nama : ROSDI Bin MUHAMAD NUR., N I K : 1805020101880004, Tempat Tgl Lahir : Menggala1 Januari 1988, Pekerjaan : Wiraswasta. Alamat : Talang Tembesu, Kelurahan. Ujung Gunung, Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang

Nama : A D R I Bin IMRON., N I K : 1805022009680004, Tempat Tgl Lahir : Menggala 1 April 1973 Pekerjaan : BuruhTani/Pekebun, Alamat : Jl. 4 LIRA, Kelurahan. Menggala Tengah, Kecamatan. Menggala, Kabupaten Tulang Bawang

Nama : GUSTAMI ABAS Bin TAYIB, N I K : 1805020110650011, Tempat Tgl Lahir : Menggala 1 Oktober 1965, Pekerjaan : BuruhTani/Pekebun, Alamat: Jl. 4 LIRA, Kelurahan. Menggala Tengah Kecamatan. Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.


Kami Bermaksud melaporkan penggelapan dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh oknum PUPR/Pejabat Pembuat Komitmen provinsi Lampung yang bernama GUSTAM, Sos, Kepala P2T Kanwil Provinsi Lampung Ibu Renny, Pak Fatar, dan Pak Dani, serta Staf Dinas Pekerjaan Umum yang bernama Samsu Bin Kardan.

Adapun permasalahan ini adalah :
ALAS HAK YANG ADA :
PENGGUGAT : NURSIWAN DAN ELMANSAY AWI SURAT 1938
TERGUGAT IV : H. ALI ARPAN SURAT 3 TURUNAN DAN HIBAH

Kami : GUSAT, HASANUDIN, ADRI, RUDIANSYAH, SUHARDI, ROSDI/RUSMAN, HILWAN, DAN ANTONI, GUSTOMI, adalah petani/pekebun, supir truk dan nelayan, yang mayoritas diantara kami adalah tidak pernah berurusan dengan permasalahan tanah dan juga diantara kami mayoritas berpendidikan sekolah dasar yang tidak tamat dan berapa diantara kami tidak bisa menulis serta membaca. Maka dengan ini kami mempercayai salah seorang diantara anggota kami yang bernama Sdr. SAMSU Bin Kardan Untuk mengurus permasalahan tanah kami dimana Sdr. Samsu Bin Kardan saat itu adalah Bendara Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tulang Bawang.
Pada tanggal... April 2017,- Sdr. Samsu, adalah pengurus yang dipercayakan oleh kami untuk mengurus permasalahan tanah kami yang terkena proyek jalan tol Trans Sumatera pada STA. 48+725 – 50+850 dengan luas lebih kurang 27 Hektar.
Dan Sdr. Samsu juga kami percayakan untuk mencari pengacara atau kuasa hukum untuk menyelesaikan sengketa tanah di Pengadilan yang terkena proyek jalan tol Trans Sumatera pada STA. 48+725 – 50+850 dengan luas lebih kurang 27 Hektar.
Pada tanggal 8 Mei 2017, terjadi kesepakatan secara tertulis antar kedua belah pihak yaitu : Sdr. Ali Arpan dan Pengacara yang ditunjuk Samsu (pengurus Kami), :
Tiga Keturunan melalui Pengacaranya Ali Arfan mengembalikan lahan bolak tersebut kepada Sdr. Samsu Cs,, sepenuhnya sesuai dengan lahan usahanya dan ukuran tanah.
Tiga Turunan tidak akan mencampuri ganti rugi lahan usaha/bolak tersebut,
Samsul Cs. Melalui kesepakatan akan memberikan kompensasi sewajarnya, kepada pihak Tiga
Turunan. ---------------------------------------------------(terlampir)

Pada Tanggal 11 April 2017, Pihak Kecamatan Mengundang Warga untuk Sosialisasi dan Rapat tentang kepemilikan lahan, yang di lakukan oleh
Camat Menggala : Sudirman, SE MM,. Sebagai pimpinan rapat
Sekretaris : Sudirsah, SH,.
Notulen : Lurah Menggala Tengah (Mirwandi Yusuf SE,.)
Peserta Rapat : Kabag Prikanan dan Kelautan
Kabag Tapem Otonomi Daerah
Uspika Kecamatan Menggala
Kepala Kantor BPN Tulang bawang
Lurah Se-Kecamatan Menggala
Para Pengacara Tergugat : HNP dan Patners
Para Pengacara Penggugat : F. AGUSTINUS dan Patners (Nursiwan) Para Tokoh Adat Masyarakat Lingkungan Lingai Menggala Tengah

Dengan Hasil Pada Kesimpulan tersebut Bahwa : Sepakat Tidak Ada Konpensasi diwilayah Bongoi/bungur dan sekitarnya, sampai dengan perbedaan pendapat tentang kepemilikan hak diselesaikan terlebih dahulu. -------------------------------------------------------------------------(terlampir)

Pada tanggal 1 November 2017, tepatnya pukul 11:00 WIB, telah dilakukan peninjauan lokasi/Lapangan, yang dilakukan oleh : Perwakilan Kecamatan, Perwakilan Polres Tulang Bawang, Perwakilan Koramil Menggala, Perwakilan Polda Lampung, PT. WASKITA KARYA, dan 10 orang Warga yaitu : GUSAT, HASANUDIN, ADRI, RUDIANSYAH, SUHARDI, ROSDI/RUSMAN, HILWAN, DAN ANTONI, GUSTOMI, SAMSU, namun Sdr. Nursiwan, Sdr. Elman dan H. Ali
Arpan Tidak Hadir Dalam Undangan tersebut. -----------------------------------------------(terlampir)

Pada tanggal, 27 Juni 2017 : PT. WASKITA KARYA : Membayar sewa tanah pada zona KLB
2 yaitu : STA 48 + 725 s.d 50+850 dan kami terima sebesar Rp. 60.000.000,- (Enam Puluh Juta Rupiah) yang disaksikan oleh Bapak Zaenal Abidin dan Ditandatangani oleh Ngesti Widodo, ST.,
Sebagai Kepala Proyek KLB 2 PT. WASKITA KARYA, Tbk (Persero)------------------------------(terlampir)

Pada tanggal, 18 Januari 2018 : Sdr. SAMSU Bin Kardan Pengacara Kami HNP & PATNERS Kami untuk melaporkan Kepolres Tulang Bawang perihal Sdr. Sunardi dan Sdr. Hi. Ali Arpan : pada Surat Tanda Terima Penerimaan Laporan Nomor : STTPL / 20 / 1 / 2018 / PLD /LPG / TUBA, MENGENAI alas Hak dan Daftar Nominatif dari H. Ali Arpan dan Sunardi, Nursiwan dan Elmansyah Awi. YANG
KAMI LAPORKAN JUGA ADALAH bapak EDI JHON PANJAITAN selaku Petugas P2T BPN, : yaitu DAFTAR NOMINATIF /VERIFIKASI PERBAIKAN PENGUMUMAN PENGADAAN TANAH (P2T) PEMBANGUNAN JALAN TOL, NOMOR : 72/10-18/P2T/V/2017 TANGGAL 23 Mei 2017. )-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir)

Pada tanggal, 05 April 2018, terdaftarlah perkara dipengadilan, yaitu dengan nomor : 19/Pdt.G/2018/PN Mgl. Dimana kami mempercayai Sdr. Samsul untuk mengurus permasalahan tanah kami, yang digugat oleh Penggugat bernama Nursiwan dan Elman, serta Tergugat IV yang bernama H. Ali Arfan. ------------------------------------------------------------------------------------(terlampir)

Pada tanggal, 08 April 2018, Sdr. Samsu membuat surat kuasa untuk kepengadilan dengan Nomor
: SKU/1804/IV/2018... Kami GUSAT, HASANUDIN, ADRI, RUDIANSYAH, SUHARDI, ROSDI / RUSMAN, HILWAN, DAN ANTONI, GUSTOMI tidak pernah diajak diskusi ataupun musyawarah terlebih dahulu tentang Surat Kuasa Khusus tersebut.)----------------(terlampir).

Pada hari Selasa 24 April 2018, Sdr. Samsu menghadiri mediasi Pembahasan Tanam Tumbuh Masyarakat, Yang Dipimpin Oleh kepala Bidang Penanganan Masalah dan Pengendalian Pertanahan Kanwil BPN provinsi Lampung, yaitu Bapak Tony SH, selaku Anggota Pelaksana Pengadaan Tanah P2T Kanwil BPN LAMPUNG, dalam Rapat tersebut : “ Camat Menggala Menyampaikan Bahwa Tidak Pernah diajak Turun Kelapangan dan yang diketahui bahwa tidak ada Tanam Tumbuh dilokasi tersebut, pada tahun lalu saat beliau turun kelapangan Tidak ada sama sekali Tanam Tumbuh, yang ada hanya rumput liar, disaksikan oleh Satgas B yaitu bapak Jhon Panjaitan, PPK, Waskita Karya (Bpk. Agung), Polda Lampung (AKBP Yusep Arpan) dan Polsek Turun langsung ke lokasi.
Yang hadir pada set itu adalah :
Seketaris Pengadaan Tanah : Bpk. Patar MP. Simanjuntak
Camat Menggala :
Lurah Menggala Tengah dan Selatan : Bpk. Mussoli
PPK : Bpk. Gustam
Polda Lampung dan Polsek Lampung : Bpk. AKBP. Yusep Arpan
PT. WASKITA KARYA : Bpk Agung
Lembaga Adat : Bpk Sarbini/Mance
Masyarakat dan Para Pengacara
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir)

Pada tanggal 19 November 2018, Sdr. Samsu melalui Pengacara Kami HNP & PATNERS untuk Mengajukan Hasil Bolak / Ikan yang ada pada Bolak/Empang/Tambak Kami kepada BPN )------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir).

Pada tanggal : 9 Agustus 2018, Sdr. Samsu Membuat surat Pernyataan kepada Pihak BPN bahwa setuju terhadap UGR Untuk Hasil Bolak / Ikan yang ada pada Bolak/Empang/Tambak, yang ditandatangani Sdr. Samsu bin karam dengan Materai sebesar 6.000,- dengan jumlah nominal sebesar Rp. 600.074.000,- namun Kami tidak pernah diberitahukan tentang kesepakatan tersebut. ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir)

Pada tanggal, 04 Agustus 2018 ada RELAAS yang Kedua Kalinya Panggilan Dari Pengadilan Negeri NOMOR : 8/PDT.KONS/2018/PN.MGL, Tentang Uang yang dikonsinyasikan, yaitu Pengadilan Meminta sebagai Termohon Konsinyasi : H. Ali Arpan dkk, Samsu , Dan Nursiwan. Yang akan hadir pada tanggal 20 Agustus 2018,.. Namun dalam sidang Konsiynasi yang Hadir adalah : Sdr. Samsu dan Nursiwan, Sdr. Ali Arpan tidak Hadir untuk yang kedua kalinya berturut turut. ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir)

Pada Tanggal 13 September 2018, PT. WASKITA KARYA, membayar Sewa Lahan kami, sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah), yang dihadiri oleh Kabag Ops Polres Tulang Bawang, Anggota Koramil, Lurah Menggala Tengah dan segenap Karyawan Waskita Karya, dengan berapa poin dan kwintansi (Tanda Terima). namun Sdr. Samsu Tidak Memberikan uang itu kepada kami, dengan alasan untuk perjuangan dan biaya biaya lainnya. --------------------------------------(terlampir)

Pada tanggal 22 Oktober 2018, : Samsul dan HNP & Patners mencairkan dana Hasil Bolak/Empang/ Tambak Kami sebesar Rp. 667.874.000, (Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Rupiah) dengan Nomor Nominatif /NIB : 9i / 0006,.. Namun Sdr. Samsu dan Ke Empat Pengacara (HNP & Patner) Tidak Melaporkan Pengambilan Uang tersebut kepada kami, sehingga kami sangat dirugikan oleh Namun Sdr. Samsu dan Ke Empat Pengacara (HNP & Patner),.. Sdr. Samsu menyangkal bahwa uang tersebut miliknya seorang, namun kami telah konfirmasikan kepada dinas P2T yaitu Ibu Renny dan Pak. Danny Bahwa uang sebesar Rp.
667.874.000, (Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Rupiah) dengan Nomor Nominatif /NIB : 9i / 0006,. Adalah untuk 10 orang yaitu GUSAT, HASANUDIN, ADRI, RUDIANSYAH, SUHARDI, ROSDI / RUSMAN, HILWAN, DAN ANTONI, GUSTOMI dan termasuk Juga Sdr. SAMSU, --------------------------------------------------(terlampir).

Ibu Enny dan Pak Dani dari P2T Kanwil BPN Provinsi Lampung memperlihatkan daftar nominatifnya kepada kami bahwa semua UGR HASIL BOLAK adalah untuk 10 Orang termasuk Samsu, Dan kami melihat daftar nominatif tersebut adalah benar bahwa untuk 10 orang. Kami berusaha meminta Copian Daftar Nominatif kepada Ibu Reni dan Pak Danny, namun Ibu Reny dan Pak Dany menjawab bahwa Daftar Nominatif itu adalah Rahasia Negara, Jika Ingin meminta Daftar Nominatif harus melayangkan surat terlebih dahulu.

Kemudian kami mencoba menghubungi Pak Gustam (Pejabat Pembuat Komitment) di kantornya yang terletak di jl.Cipto Mangunkusumo No. 19, teluk Betung, Bandar Lampung, Pak Gustam juga memperlihatkan Nominatif yang sama ketika kami bertemu dengan Ibu Reni dan Pak Dani yaitu Hasil Bolak untuk 10 Orang termasuk Samsu.

Pada tanggal 26 Oktober 2018, kami memerintahkan Sdr. Samsu untuk melaporkan Nursiwan dan Elmasah Awi Kepolres Tulang Bawang dengan Nomor Laporan Polisi : LP/313/X/2018/POLDA LAMPUNG/RESTUBA, yaitu terkait dengan Surat Tahun 1938,..yang dipergunakan oleh Sdr.
Nursiwan dan Elmansah Awi yang dipergunakan dalam Sidang Perdata nomor : 19/Pdt.G/2018/PN
Mgl . )--------------------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir)


Pada tanggal 12 November 2018, kami GUSAT, HASANUDIN, ADRI, RUDIANSYAH, SUHARDI, ROSDI / RUSMAN, HILWAN, DAN ANTONI, GUSTOMI mengadakan musyawarah dan memutuskan mencabut kuasa kepengurusan kami kepada Sdr. Samsu dan hak-hak Sdr. Samsul yang tidak lagi bergabung dengan kami. Namun Sdr. Samsu Hanya sebatas memiliki Hak yaitu Tanah dengan atas nama Samsu Bin Kardan saja.

Pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019, adalah Putusan Sidang 19/Pdt.G/2018/PN Mgl. Dimana dalam Isi Putusan tersebut kami merasa dirugikan yaitu : a. Rekonvensi kami ditolak
Isi dalam Putusan tersebut setelah kami baca adalah Salah Objek yaitu Dimana selama ini kami mempercayai Sdr. Samsu untuk mengurus hak-hak kami ternyata Sdr. Samsu Bin Kardan membuat objek yang berbeda dengan kami yang seharusnya STA 48 + 725 s.d 50+850, Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar Pematang Panggang, namun dilembar/buku putusan Pengadilan Menggala STA. 48+200 – 52+300, hal yang sangat berbeda secara fisik dan objek perkara.
Mengabulkan Eksepsi Tergugat 3 dan 4., Dimana dalam “Common Law” bahwa tergugat 4 tidak dapat menunjukan bukti kepemilikan dan objek yang jelas., namun Pengadilan Menggala mengabulkan Eksepsi Tergugat 4, yaitu Hi. Ali Arpan.

Pada tanggal 14, Januari 2019,. Kami GUSAT, HASANUDIN, ADRI, RUDIANSYAH, SUHARDI, ROSDI / RUSMAN, HILWAN, DAN ANTONI, GUSTOMI, memberitahukan kepada Kantor
Pejabat Pembuat Komitmen, Kantor Kanwil P2T BPN Provinsi Lampung, Kantor Pengadilan Negeri Menggala YANG ISINYA BAHWA :
Untuk lebih memahami keberadaan kami yaitu pemilik lahan pada STA 48 + 725 s.d 50+850 Tol Trans Sumatera Terbangi Besar Pematang Panggang., yaitu pada saat pengesahan ataupun pencairan keuangan pada posisi Uang Ganti Rugi Lahan/Tanam Tumbuh/Hasil Bolak Tol dalam sidang yang di Konsiyansikan maupun Hasil Sidang yang selanjutnya sedang berlangsung dikemudian hari. Bahwa didalam permasalahan tersebut adalah tidak dapat diwakilkan oleh satu orang saja yaitu saudara Samsu. Dikarenakan Saudara Samsu sudah tidak memiliki Hak lagi untuk mewakili terhitung sejak diadakannya Musyawarah tertanggal 12 November 2018.
Pada poin (a) diatas Kami sepakat kepada Pak Gustam, yaitu Pembicaraan Kami dengan Pak Gustam sebagai Pejabat Pembuat Komitmen, berisi : bahwa Pak Gustam Akan Menelpon Kami jika Terjadi Pencairan UGR di kemudian Hari.

Pada tanggal, 20 Januari 2019,. Kami mencabut kuasa hukum kami yaitu HNP & PATNERS, yang ditembuskan kepada Kantor Pejabat Pembuat Komitmen, Kantor Kanwil P2T BPN Provinsi Lampung, Kantor Pengadilan Negeri Menggala pada tanggal 27 Januari 2019., Dimana Kami merasa dirugikan oleh : Kantor Pengacara kami yaitu kantor Pengacara HNP & PATNERS,, ----------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir) Karena :
Proses Pencairan Uang sebesar Rp. 667.874.000, (Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Juta
Delapan Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Rupiah) dengan Nomor Nominatif /NIB : 9i / 0006, tidak memberitahukan kepada kami dan juga tidak membagikan hak kami selaku pemberi kuasa. ---
-----------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir)
Memberikan Khuasa Khusus kepada Sdr. Samsu dengan Register No. 85/SK/2018/PN.MGL,
Tanpa adanya musyawarah kepada Kami. ------------------------------------------------------(terlampir)

Pada tanggal 04 Februari 2019, kami mempercayakan Kantor Pengacara Kami kepada Kantor Hukum Djudju Purwantoro & Partners, beralamat di Jalan Ampera Raya NKF No. 18B Jakarta Selatan 12560, Tlp. 021 78843507,..

Pada Tanggal 1 April 2019, kami menelpol Pak Gustam yaitu Pejabat Pembuat Komitmen, dan pak Gustam menyatakan bahwa Tanam Tumbuh tersebut akan dicairkan pada tanggal 2 April 2019, sebesar Rp. 1.192.559.000 ( SATU MILYAR SERATUS SEMBILAN PULUH DUA JTA LIMA RATUS LIMA PULUH LIMA PULUH SEMBILAN RIBU RUPIAH).

Kami merasa bahwa Kantor Kanwil BPN khususnya P2T dan Pejabat Pembuat Komitmen dan Pengadilan Negeri Menggala Telah membuat beberapa kesalahan yang sangat fatal dan banyak merugikan kami maupun negara, yaitu :
Daftar Nominatif Tentang Tanam Tumbuh Sebesar Rp. 1.192.559.000 ( SATU MILYAR SERATUS SEMBILAN PULUH DUA JUTA LIMA RATUS LIMA PULUH LIMA PULUH SEMBILAN RIBU RUPIAH). (pernyataan camat dan beberapa saksi tim Waskita, dan Polda Lampung : lihat poin 11) adalah Tidak Benar ----------------------------------------------------------------------------------------------------------(terlampir)
Surat yang diajukan oleh Sdr. Nursiwan dan Sdr. Elmansyah Awi, yaitu Surat 1938 yang telah dilakukan Laboratorium Bahasa di Balai Bahasa Pemda Lampung dan Di Laboratorium Forensik Mabes Polri. Adalah patut di duga Palsu :
Dimana Ejaan dari Bahasa pada Tahun 1938 dalam Surat Tanah 1938 tidak Konsisten dan campur aduk baik Tata Bahasa dan Penulisannya.
Pada Tahun 1938 Provinsi Lampung belum menjadi Provinsi dan masih menjadi Sumatera Bagian selatan dibawah naungan Provinsi Sumatera Selatan Baik Pemerintahnya, TNI & Polri masih menjadi satu yaitu di Palembang.
Para Hakim tidak Memerintahkan penangkapan atas pemalsuan dokumen tersebut, hal ini menjadi Preseden buruk bahwa dokumen tanah yang diduga Palsu Menjadi Alat bukti kepemilikan sah di Republik Indonesia Ini.
Keputusan PN. Menggala yang menerima Eksepsi tergugat IV, yaitu H. Ali Arpan merupakan keputusan yang membenarkan bahwa H. Ali Arpan adalah Pemilik Tanah sesuai dengan Daftar Nominatif yang dimunculkan oleh BPN dan di Apresialkan oleh Tim Apresial yang ditunjuk oleh PPK.
Bahwa H. Ali Arpan tidak memenuhi unsur “Common Law/Burder Of Proof “, yaitu objek atau surat H. Ali Arpan terletak di wilayah Bawang Koyow sedangkan kami berada di Rawa Umbul Susuk, Rawa Kandis, dan Nyapah Rantau Kandis Wilayah Bungur Jaya, Lingkungan Lingai, Kelurahan Menggala Tengah, Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang.
Pada Senin tanggal 8 Mei 2017 telah terjadi kesepakatan antara Hi. Ali Arfan, dengan para Klien kami yang diwakili oleh Samsu, yang intinya bahwa Hi. Ali Arfan mengakui kesalahannya telah mengklaim tanah tempat usaha milik para Klien kami tersebut. Artinya bahwa BPN membutuhkan pembaharuan/pemutakhiran data nominatif;
Bahwa Sdr. Samsu Bin Kardan Karyawan Pekerjaan Umum Kabupaten Tulang Bawang dan Kantor Pengacara HNP & Patners telah merugikan kami sebesar. Rp. 667.874.000, (Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Rupiah) dengan Nomor Nominatif /NIB : 9i / 0006, + Rp. 1.192.559.000 ( SATU MILYAR SERATUS SEMBILAN PULUH DUA JUTA LIMA RATUS LIMA PULUH LIMA PULUH SEMBILAN RIBU RUPIAH) + Rp. 50.000.000,- Pada Tanggal 13 September 2018, PT. WASKITA KARYA, membayar Sewa Lahan sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah).
Bahwa Patut diduga kantor Pejabat Pembuat Komitmen dan Kantor P2T Kanwil BPN serta Pengadilan Negeri Menggala telah bersama-sama untuk memenangkan dan menggelapkan yaitu :
Data Nominatif, Surat Tanah Tahun 1938 : Nursiwan (PENGGUGAT),.
Surat Hibah Tiga Turunan : H. ALI ARPAN
Bahwa Penggugat dalam gugatannya pada Posita nomor 8 s.d. 16 adalah pemilik yang sah terhadap 2 bidang tanah yaitu seluas lebih kurang 700.000 M2 dan 800.000 M2, yang diperoleh melalui Hibah dari Turut Tergugat I.
Berdasarkan Surat Gubenur Kepala daerah Tingkat I Lampung :
Nomor B/10542/I/76, PRIHAL : petunjuk tentang Tugas-Tugas Kepala Kampung dan Camat dibidang Agraria : tertanggal 27 Desember 1976.
Nomor AG.230/DA.1682/PB.IX-77 PRIHAL : SURAT keputusan Gubenur Kepala Daerah Tingkat I Lampung,
Nomor : G/086/D.A/HK/1977, Tentang Pencabutan Surat-Surat Izin dan Surat-Surat Keterangan atas Tanah yang pernah dikeluarkan oleh Kepala-Kepala Negeri dan Kepala-Kepala Kampung tertanggal 20 Juli 1977.
Dan Nomor AG.230/DA.126/PH.XI/85, Perihal : Pembuatan Surat Keterangan Tanah.
Sehingga berdasarkan surat Gubenur pada poin (e) tersebut diatas, maka Tanah yang diterbitkan oleh Kantor Kecamatan Menggala dengan nomor AG.200/054/MGL-TB/IX/2005, Tertanggal 20 September 2005, adalah CACAT HUKUM....
Surat Tanah Tahun 1938, merupakan sebuah Produk yang dilakukan oleh sekelompok mafia tanah, yang saat ini telah dilakukan Uji Forensik oleh Mabes Polri


Demikianlah Kronologi ini kami buat dengan sebenar-benarnya., Semoga Hukum di Republik Indonesia Ini menajdi Panglima terdepan dalam membina masyarakat yang berkeadilan dan memiliki nilai Pancasila Yang tinggi sebagai dasar yang Jelas.

Menggala, 20 April 2019,
Hormat kami,




Gusat bin Tayib Hasanudin bin Tayib Adri bin Imron Hilwan binYusuf

Gustomi Bin Abas Antoni bin Tayib Rudiansyah bin Idris Dalem Nihan


Suhardi Bin Husin Rusdi/Rusman bin Muhamad Nur