Tentukan Batas Wajar Tarif Bawah dan Tarif Atas Tiket Pesawat (Transportasi)

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Ada Apa Dengan Biaya Transportasi Udara Domestik ?

Sejak akhir Desember 2018 entah bagaimana, biaya transportasi udara naik 2x lipat meskipun untuk di tanggal yang termasuk low season. Saya kebetulan sedang ada urusan bisnis di luar kota. Penghasilan dari usaha saya belum terlalu besar, tapi tiket pesawat naiknya luar biasa. Bagaimana perekonomian bisa berkembang jika tarif pesawat kelas ekonomi saja harga nya meningkat 2x lipat ?

Contoh :
Medan - Jakarta / Jakarta - Medan
biasanya hanya berkisar mulai Rp 730.000 per orang untuk tiket ekonomi
kini harga tiketnya berkisar mulai Rp 1.447.000

Mengapa kementrian perhubungan tidak menetapkan batas bawah dan batas atas tarif tiket penerbangan yang wajar ?

Dengan naiknya tiket penerbangan, usaha saya yang masih berpenghasilan terhitung kecil menjadi sulit berkembang karena pendapatan yang seharusnya bisa disimpan untuk pengembangan usaha malah tergerus oleh besarnya biaya transportasi.

 

Dampak Terhadap Para Pelaku Usaha Kecil

Secara umum, kenaikan harga tiket pesawat yang tidak wajar ini mengganggu aktivitas perekonomian masyarakat. Para pelaku usaha yang masih berpenghasilan kecil yang memerlukan mobilitas antar daerah dirugikan dengan adanya kenaikan tarif transportasi pesawat yang tidak wajar (kenaikan mencapai hampir 200%).

Sebelumnya dengan tarif transportasi pesawat yang masih wajar, pelaku wirausaha dapat menyisihkan penghasilannya sebagai tabungan untuk pengembangan usaha. Namun kini, penghasilan dari berwirausaha pun tergerus oleh tingginya harga tiket pesawat.

Apakah pemerintah tidak pernah tahu bahwa berbagai jenis usaha masyarakat yang berkembang dan saat ini beraktivitas berawal dari usaha mandiri yang mengandalkan modal mandiri (modal pribadi) ?

Modal pribadi tersebut harus dikumpulkan dari penghasilan usaha yang dijalankan untuk pengembangan usaha. Sehingga seberapapun kecilnya penghasilan, jika ingin usaha berkembang harus ada yang dana yang disimpan untuk pengembangan usaha. Memang ada pinjaman modal dari pihak perbankan untuk pelaku usaha, namun tidak semua pelaku usaha memiliki kesempatan memperolehnya.

 

Dampak Terhadap Pariwisata

Naiknya tarif tiket pesawat harusnya disadari juga bahwa akan berdampak pada pariwisata domestik. Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan hak cuti untuk berwisata di masa low season untuk mengantisipasi besarnya biaya perjalanan. Dengan adanya kenaikan tarif tiket pesawat, bukan hanya masyarakat yang ingin menikmati wisata domestik saja yang dirugikan, bahkan para pelaku usaha di tempat - tempat wisata juga akan dirugikan dengan adanya penurunan jumlah wisatawan domestik yang datang. Dengan demikian akan berdampak pada menurunnya penghasilan para pelaku usaha di tempat - tempat wisata.

 

Solusi Permasalahan

Sebenarnya solusi untuk permasalahan ini adalah dengan penetapan tarif wajar transportasi udara untuk batas bawah dan batas atas di berbagai season. Tarif batas bawah transportasi udara harus wajar sehingga berbagai lapisan masyarakat dapat menjangkaunya.

Semoga tulisan ini mampu menjadikan Indonesia lebih baik.

 


Salam saya,
Cakkavati Kusuma



Hari ini: Cakkavati mengandalkanmu

Cakkavati Kusuma membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Tentukan Batas Wajar Tarif Bawah dan Tarif Atas Tiket Pesawat (Transportasi)". Bergabunglah dengan Cakkavati dan 7 pendukung lainnya hari ini.