TARIK PASUKAN TNI/POLRI DARI NDUGA || BIARKAN RAKYAT NDUGA MERAYAKAN NATAL DALAM DAMAI

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.500.


Yang terhormat Presiden Republik Indonesia,

Kami segenap rakyat Indonesia di Tanah Papua memohon kepada bapak agar segera memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk menarik pasukannya dari wilayah kabupaten Nduga sebelum puncak perayaan Natal 24-25 Desember 2018 sesuai Permintaan pimpinan kami Gubernur Papua, ketua DPRP dan tokoh2 agama dan adat di Papua beberapa waktu kemarin.

Bapak Presiden yth, 

Perayaan natal adalah moment penting bagi umat Kristiani di seluruh muka bumi untuk merayakan hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Kabupaten NDUGA 100% penduduk aslinya adalah umat Kristiani yang berhak mendapat jaminan kemanan dari negara untuk juga dapat  merayakan hari raya tersebut.

Bapak Presiden yang kami hormati,

Sekedar informasi tambahan bahwa; Sejak pertama kali bapak memerintahkan aparat untuk melakukan operasi militer guna mengejar oknum kelompok PELAKU kekerasan terhadap karyawan PT. Istaka Karya, rakyat sipil yg tidak tahu apa2 di wilayah tersebut  ikut terdesak mengungsi ke hutan2 guna menyelamatkan diri dari operasi yg bapak perintahkan. Perlu bapak ketahui bahwa dengan adanya operasi tersebut kami belum mendengar pihak aparat menangkap pelaku namun yg kami dengar adalah berita duka yg menyesakkan, yg dilakukan oleh pasukan yang bapak turunkan. Kurang lebih 6 org warga sipil telah menjadi korban operasi yg bapak perintahkan. 2 dari korban tersebut ada juga yg berasal dari tokoh agama di salah satu gereja di sana. Korban luka2 dan lainya dari warga sipil tak ada yg dapat mengetahui saat ini karena daerah tersebut sudah di tutup aksesnya. 

Bapak Presiden yth,

Di musim penghujan yang panjang ini, sanak saudara kami mulai dari ibu hamil, anak bayi, anak2, org dewasa hingga kakek nenek masih berada di tengah hutan tanpa selimut, rumah dan makanan yang cukup. Sampai saat ini tidak ada yg tahu bagaimana kondisi kesehatan mereka yg sedang berada di tengah hutan tersebut.  Berbagai bantuan kemanusiaan yg terkumpul baik medis maupun bahan makanan sulit di kirim kesana krn daerah ini sedang diisolasi.

Melalui kesempatan ini kami mengetuk hati nurani bapak presiden yang terhormat agar atas nama Sila ke 1 dan 2 Pancasila serta, atas nama Hak Asasi Manusia kami meminta bapak utk segera memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri agar menghentikan operasi dan menarik pasukannya dari wilayah Kabupaten Nduga. 

Kami mohon agar bapak dapat mengedepankan cara2 bermartabat dan manusiawi dalam penanganan berbagai konflik berdarah sekalipun di Tanah Papua. Jangan menambah luka baru diatas luka lama yg belum selesai.

 

Tuhan memberkati Bapak

Salam

 

 



Hari ini: Benyamin mengandalkanmu

Benyamin Gurik membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: TARIK PASUKAN TNI/POLRI DARI NDUGA || BIARKAN RAKYAT NDUGA MERAYAKAN NATAL DALAM DAMAI". Bergabunglah dengan Benyamin dan 1.417 pendukung lainnya hari ini.