TANGKAP DAN ADILI PEMBAKAR LAHAN DI KALBAR

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


TANGKAP DAN ADILI PEMBAKAR LAHAN DI KALBAR

JANGAN KOMPROMI DENGAN KORPORASI

#KalbarMelawanAsap!

Hari-hari belakangan ini menjadi hari yang berat bagi masyarakat Kalimantan Barat karena dilanda kemarau dan dikepung asap yang kian pekat. Entah sampai kapan, kabut asap seperti agenda tahunan yang terus dilestarikan.

Minggu (15/9), BMKG merilis ada 1.121 titik api di Kalimantan barat, dengan tiga besar kabupaten penyumbang titik api adalah: ketapang (578), kayong utara (216), kubu raya (160). (sumber: https://kumparan.com/hipontianak/bmkg-1121-titik-api-tersebar-di-wilayah-kalbar-1rrsQEZiFzH )

Jangan Tanya berapa kerugian akibat kabut asap ini, data dari dinas kesehatan provinsi Kalimantan barat sejauh ini sudah ada 6025 masyarakat dari 14 Kabupaten kota di Kalbar yang sudah terkena penyakit ISPA, sekolah-sekolah diliburkan, bandara supadio lumpuh akibat jarak pandang yang tidak memadai, ditambah kerusakan lingkungan matinya hewan dan tumbuhan.

Kita patut mengapresiasi kerja gubernur Kalimantan barat hingga saat ini  ada 26 perusahaan yang disegel akibat lahan konsensinya terbakar. (https://pontianak.tribunnews.com/2019/09/16/daftar-perusahaan-di-kalbar-yang-disegel-klhk-karena-lahan-konsesinya-terbakar)

Sehingga melalui petisi ini saya ingin mengajak kamu semua, untuk bersama mendukung dan mendesak pemerintah untuk segera memberi tindakan tegas kepada korporasi yang terlibat dalam pembakaran lahan. Selain itu kita juga bersepakat dan bersama mendesak :

  1. Presiden RI Joko Widodo segera menetapkan bencana asap yang melanda Kalimantan dan Sumatra sebagai bencana nasional, dan renponsif memberikan penanganan maksimal untuk memadankan api seperti hujan buatan.
  2. Tangkap, adili dan cabut izin perusahaan pembakar lahan di Kalimantan Barat tanpa kompromi
  3. Tangkap, adili dan Membuka kepada khalayak ramai jika ada oknum aparat dan pejabat daerah yang coba melindungi perusahaan pembakar lahan.
  4. membuka posko pelayanan kesehatan gratis di tempat umum dan melakukan evakuasi ke rumah oksigen bagi balita, ibu hamil dan orang tua di wilayah yang terpapar asap.

#KalbarMelawanAsap

Hidup Rakyat!

Ttd.

Ketua bidang kebijakan publik PW KAMMI Kalbar

 

Nauval Muhammad

(085733243496)

 

Mengetahui

Ketua PW KAMMI Kalbar

 

Imran Ramadhan

(089618209620)